Yang Sering Dipertanyakan : Bolehkah Jual Royalty Kebanyak Agency Microstock?!

Halo Teman-teman,

Buat Teman-teman [khususnya newbie] yang masih bingung dan takut-takut dalam menyebar portfolio di banyak agency microstock.
Pasti akan selalu muncul pertanyaan dibenak Anda :)
"Bolehkah Jual Royalty Kebanyak Agency Microstock?!" 







Tenang!!!

Jawabnya boleh-boleh saja, asalkan teman-teman memperhatikan hal berikut:

  • Pastikan agency yang Anda ikuti TIDAK ADA ketentuan menjadi exclusive contributor. [Shutterstock, 123rf, CanStockPhoto, BigStockPhoto, Dreamstimes, DepositPhoto, sudah saya pastikan TIDAK ADA ketentuan menjadi exlusive contributor. So pasti, teman-teman bebas menyebar portfolio ilustrasi vector, photo, icon dan lain-lain ke semua agency tersebut.]

  • JIKA MEMANG ADA ketentuan menjadi exlusive contributor, pastikan bisa dimatikan (turn off). Dengan kata lain bisa di setting untuk TIDAK menjadi exclusive contributor. Fotolia & IStock contohnya, mereka memberi pilihan kepada para contributor untuk menjadi Exclusive atau Non-Exclusive Contributor. Pastikan Teman-teman memilih opsi yang kedua (non-exclusive)

  • Selain Exclusive atau Non-Exclusive Contributor, ada juga pilihan exclusive artwork (ini juga ada di fotolia) yang artinya, hanya karyanya saja yang exclusive dan tidak boleh dijual di tempat lain, namun orangnya boleh berkarya di banyak tempat. Sama dengan poin di atas, bagi yang ingin bebas bisa disetting untuk tidak memilih opsi ini. (saya tidak perlu memberi screenshot mengenai caranya, karena pilihan tersebut akan muncul saat daftar dan setiap upload gambar, jadi sangat gampang sekali.)

Ngomong-ngomong, apa sih plus / minus nya menjadi exclusive ??
Kelebihan (+) Bayaran kita akan lebih besar dari contributor biasa
Kekurangan (-) Kebebasan berkurang, karena Anda seperti menandatangani surat perjanjian, yang sangat fatal jika dilanggar.

Gimana?
Sudah jelaskan?
Semoga teman-teman semakin faham dengan penjelasan saya diatas... Dan tidak takut lagi untuk menyebar karya dibanyak tempat, dan mendapat bisnis royalty di banyak tempat :)
Asal pastikan Anda memahami setiap ketentuan di masing-masing agency...

Buat teman-teman yang hanya mengandalkan shutterstock untuk income royalty kalian, pastikan Anda menjelajahi tempat lain untuk memperluas sumber income, tanpa takut melanggar suatu apapun ;)


Selamat Mencoba, Selamat Menebar Jala, Selamat Panen dari Banyak Tempat !!!! ( Insya Allah :) )

Salam sukses,


=========================================================
Rekomendasi: