CurHat!!! Payoneer untuk Fiverr Seller Indonesia - Bye bye Paypal

Aduh Paypal!!
Pakai kartu debit KENA LIMITASI! karena dianggap sudah tidak valid, dan lain-lain.
Kirim-kiriman uang ke akun teman / saudara KENA LIMITASI! karena dianggap money laundry dan aktifitas tak wajar.
Jika sudah mengalami ini maka Payoneer adalah pilihan terbaik!
>> Klik Disini untuk Pelajari Langsung dari Sumber




Jika Akun Paypal Anda mengalami:
"Penyempitan ruang geraknya (account limitation), mulai dari tidak bisa menerima pembayaran, tidak bisa menarik dana ke bank lokal, sampai di tutup selamanya."
Maka Anda Wajib Baca Ini Sampai Habis!!!

========================================================================

Halo Rekan2 Sekalian,

Ketemu lagi dengan saya, untuk yang belum kenal, izinkan saya memperkenalkan diri.
Saya Erwin Wirapratama, Graphic Designer lokal asli Indonesia yang mengais rejeki di jalur international. Anda bisa menemukan karya saya di beberapa microstock agency (klik disini untuk lihat portfolio saya di shutterstock), dan beberapa situs freelance (klik disini untuk lihat karya saya di fiverr).

Nah, hari ini saya akan membahas sebuah wacana baru atau kalau boleh saya bilang curhatan atas problema / masalah baru.

Jadi begini ceritanya, sejak tahun 2010 saya merintis dan join bisnis dengan beberapa situs freelance, semua lancar-lancar saja. Saya menjual beberapa jasa / gigs di fiverr yang tergolong sukses dan laku keras untuk kategori desain grafis (graphic design ), seperti: jasa tracing (klik untuk lihat), jasa edit foto dengan photoshop (klik untuk lihat), jasa ilustrasi dengan adobe illustrator (klik untuk lihat). Ketiga gigs / jasa tersebut merupakan primadona di fiverr. Dan cukup memakmurkan saya dan keluarga dalam beberapa tahun terakhir.

Semua berjalan lancar, pembayaran saya koneksikan ke paypal lalu ke bank lokal, lancar tanpa kendala, dengan potongan $1 per penarikan dana (dari fiverr). Begitu pula shutterstock dan microstock agency lainnya. Lancar jaya!!! Tanpa masalah bersama salah satu situs pembayaran terpopuler "PAYPAL" namanya.

Namun, sesuatu yang kita anggap lancar, seperti halnya bisnis lain, tidak selalu bertahan lama.
Kebijakan baru pun datang dari paypal. Yang merubah sistemnya secara mendadak. APA ITU?

Kebijakan baru yang dikeluarkan paypal sangat banyak, namun akan saya bahas beberapa intinya saja, yang menurut saya sangat berpengaruh terhadap bisnis dan perekonomian saya. Antara lain:

  • Untuk member yang terdeteksi sering menerima pembayaran maupun menarik dana diatas $100 dalam 1 hari (seperti saya), maka diwajibkan untuk meng-upgrade ke anggotaan menjadi akun bisnis. Kini paypal hanya mengizinkan 2 kategori akun, yaitu personal dan bisnis.
  • Lalu apa yang terjadi  jika kita upgrade ke akun bisnis? Diakun bisnis kita akan ditanyai sesuatu yang berhubungan dengan usaha kita, salah satunya adalah SIUP (surat izin usaha), dan setiap penarikan dikenakan biaya. (update terakhir adalah potongan 2,9% + $0,30 setiap penarikan).

    Sebenarnya potongan sebesar itu tidak terlalu bermasalah bagi saya.

    Namun, jika ada potongan seperti itu saya jadi berfikir "apa bedanya nanti paypal dengan payoneer dan sitem pembayaran lain?" padahal dari kursnya saja sudah beda sendiri.

    Ya... kurs paypal memang berbeda dengan kurs sesungguhnya dan bagi saya ini cukup membuat uang saya berkurang. Jika ditambah potongan meski sekecil ini, maka uang kita pun akan semakin berkurang ke bank lokal toh?!

    Saya pun membutuhkan waktu untuk berfikir, hingga saya tidak mengupgrade dulu ke akun bisnis.

  • Lalu apa yang terjadi jika kita tidak upgrade ke akun bisnis, sementara kita sudah terdeteksi memiliki kriteria seperti diatas?

    Paypal akan mengirimkan surat peringatan atau bisa di katakan RAZIA terhadap akun kita, akun kita akan dipersempit ruang geraknya (account limitation), mulai dari tidak bisa menerima pembayaran, tidak bisa menarik dana ke bank lokal, sampai pada akhirnya, menutup akun kita selamanya.

  • Paypal melakukan ini secara acak, jadi tidak semua akun kena razia. Mungkin anda salah satu yang beruntung, tidak terkena hal ini, dan masih bisa bermain bersama paypal. Namun, jangan tenang dulu, keberuntungan bisa berubah sewaktu-waktu. Awalnya saya melihat ini sebagai wacana di komunitas, namun ternyata akun saya ikut di razia seperti diatas.
  • Saat postingan ini di buat, sekirar awal 2016, paypal memang sedang merombak tampilan websitenya...

    Nah saya tidak tahu, apakah ini menyebabkan kekacauan pada sistem mereka atau tidak...

    Sepertinya mereka tidak mau ambil pusing, dan secara subjektif melimitasi akun" yang mereka anggap mencurigakan.

    "Apakah itu karena memakai debit card yang mereka anggap kurang valid atau dari bank yang tidak lagi bekerja sama dengan mereka"

    "Apakah karena terlalu sering mengirim atau menerima pembayaran ke sesama pemilik akun sehingga di kira money laundry"

    "Dan berbagai alasan yang saya rasa mereka memukul rata kebijakan tersebut"

    Yang jelas saya mendapat surat peringatan diatas, yaitu limitasi akun dengan alasan bahwa, akun saya mencapai ambang batas... ambang batas apa?? Batas peringatan? Batas pengambilan? Batas pelanggaran? Atau Apa?! sampai sekarang pun saya masih ambigu, menerjemahkannya,

    Apakah saya sudah terlalu banyak menarik uang dari sana, hingga mereka meminta saya untuk upload identitas baru dengan akun bisnis. Namun setelah saya upload identitas baru, websitenya seperti tidak ada reaksi, seperti hang, seperti freeze, tidak ada perubahan...

    Dan yang jelas, saya tidak bisa menerima uang dan mengambil uang sampai sekarang...

Ya, seperti yang teman-teman tahu, saya termasuk orang yang kurang beruntung, akun saya dianggap kena limitasi oleh paypal dan tidak bisa menarik salah satu dana dari situs microstock sebesar (kurang lebih) $100.
Saya mencoba menyelesaikan / mencoba menemukan jalan keluar atas masalah ini, mulai dari mengirim email ke contact support, bahkan menelpon ke paypal singapure. Namun jawabanya tidak menyenangkan, saya hanya disuruh untuk menunggu 24 jam kedepan, setelah menunggu, tak ada hasil, kabar, maupun e-mail, besoknya saya telepon lagi, tetap dapat jawaban yang sama.

Memang ada beberapa teman yang beruntung, mendapat tanggapan yang cepat dan terselesaikan, namun tidak bagi saya. Akun saya tidak berfungsi.

Saya sudah tidak sabar lagi dan penuh ketakutan. Saya pun mencoba mencari jalan keluar baru, uang $100 yang hilang pun saya ikhlaskan, berharap dapat penggantinya di jalur yang berbeda. Adapun jalan keluar yang saya terapkan adalah mengganti semua alternatif pembayaran selain paypal.
Terus terang saya tidak bermaksud menyarankan anda untuk bergabung dengan Payoneer.
Karena saya tahu tidak semua orang mengalami hal buruk dengan paypal seperti saya, jika kalian merasa aman2 saja dengan paypal, silahkan gunakan paypal sampai surat peringatan tentang akun anda datang kepada anda.

NAMUN, bagi anda yang mengalami nasib seperti saya (limitation account, tidak bisa menerima dan menarik dana), akan saya jabarkan plus-minus payoneer dibanding paypal, sebagai bahan pertimbangan.


Kelebihan Payoneer Vs Paypal:
  1. Paypal perlu verifikasi kartu kredit untuk keleluasaan akun, payoneer TIDAK, justru payoneer bisa dijadikan alat untuk verifikasi paypal.
  2. Payoneer mengirimkan/menyediakan anda kartu mastercard, hingga anda bisa menarik dana secara instan dengan kartu tersebut dalam keadaan mendesak (butuh penarikan cepat). Dana bisa ditarik dengan kartu payoneer di ATM bank lokal ternama seperti: BCA, BNI, BRI, Mandiri dan sebagainya selama ada logo mastercard. Di Paypal TIDAK ada hal seperti ini.
  3. Kini dengan kebijakan baru paypal, anda diwajibkan untuk upgrade ke akun bisnis, jika anda terlalu sering terdeteksi menerima pembayaran diatas $100 dalam 1 hari. JIKA TIDAK UPGRADE, Akun akan di limitasi (limitation account, tidak bisa menerima dan menarik dana).. Namun jika upgrade, anda di wajibkan mengirimkan segala data tentang usaha anda (SIUP salah satunya), dan akan dikenakan dana setiap penarikan (potongan 2,9% + $0,30  dari penarikan - ini berdasarkan update terakhir saat artikel ini ditulis). Di Payoneer, dana puluhan juta bisa ditarik tanpa masalah.


  4. Dapat Bonus $25 bagi member baru (klik disini untuk mendaftar).
Kekurangan Payoneer Vs Paypal (bagi sebagian orang ini adalah kekurangan, namun bagi saya tidak):
  1. Anda dikenakan biaya kartu $29 per tahun (hanya sekali setahun). Bagi saya ini adalah keunggulan. Kenapa?!! Bagi saya $29 sepadan dengan pelayanan, dimana saya bisa menarik uang yang saya butuhkan dalam keadaan mendesak melalui kartu tersebut di bank lokal indonesia. Lagi pula ini adalah opsi, jika tidak mendesak atau tidak ada keperluan mendadak, saya tidak perlu menggunakan kartu ini, cukup transfer saja dari payoneer account ke bank lokal sama seperti paypal.
  2. Adanya potongan $3,15 setiap menarik ATM menggunakan kartu Payoneer. TIDAK MASALAH bagi saya! (Sekali lagi, ini hanyalah pilihan dalam keadaan mendesak, jika tidak mendesak atau tidak ada keperluan mendadak, saya tidak perlu menggunakan kartu ini, cukup transfer saja dari payoneer account ke bank lokal sama seperti paypal.) Masih lebih baik daripada kena potongan $1 seperti dari fiverr ke paypal. Iya kan!!! (dari fiverr ke payoneer tidak ada potongan sepeser pun).

    *Perlu kita ketahui bersama, bahwa paypal memiliki perhitungan kurs sendiri dibandingkan kurs sesungguhnya, dan ini pun menyebabkan uang kita semakin berkurang, kamu bisa cek sendiri di kurs convertor.
Berdasarkan pertimbangan diataslah saya beralih dari paypal ke payoneer. Apalagi dapet rewards / bonus sebesar $25 bagi member baru (klik disini untuk mendaftar).

Demikianlah curhatan sekaligus solusi dari saya mengenai paypal dan payoneer. Semoga menjadi solusi juga bagi teman2 yang memiliki masalah seperti saya. Jika Anda mengalami masalah dengan paypal dan ingin beralih ke payoneer anda bisa mendaftar segera. Payoneer akan memberi Bonus $25 bagi member baru mereka (klik disini jika berminat). Selamat mencoba !!!

Salam,