Suka Duka Fiverr: Turun Level dan Solusinya
"On Time Delivery Rate yang Buruk! Sering Telat!!"
Hehehe...
Yap!!! Benar!
Itulah penyebab level saya turun dari Level Two Fiverr Seller menjadi Level One Fiverr Seller.
Sepertinya bukan cuma saya, beberapa teman seperjuangan pun hampir sependapat bahwa turunnya level sangat dipengaruhi oleh pekerjaan yang telat.
Ya, kadang kita merasa sanggup melayani semua order,
Kadang kita takut sepi di kemudian hari, hingga pekerjaan yang datang hari ini kita sanggupi semua.
Kadang kita takut klien langganan lari ke seller lain, sehingga kita rela ambil deadline yang super ketat.
Tapi Ternyata,
Tubuh kita ada batasnya, kelelahan...
Dan banyak order yang telat, tertunda dan melukai "Ontime Delivery Rate" kita.
Dan ini menjadi perhatian Fiverr untuk membangun komunitas bisnis yang disiplin, menghargai waktu.
Namun itu semua sudah terjadi, saya sudah dapat peringatan serta akibat yang harus dihadapi dari turunnya level karena ontime delivery yang buruk.
Sekarang tinggal mempelajari solusinya.
Sekarang tinggal mempelajari solusinya.
Akibat yang Diterima dari Turun Level
Syukur Alhamdulillah... Impact dari turun level 2 ke 1 tidak terlalu melukai perasaan saya.
Lain cerita jika saya turun level dari Top Rated ke Level 1 atau 2, mungkin akan sangat menyakitkan.
Konsekuansi yang sangat terasa dari turunnya level 2 ke level 1 adalah:
- Gigs hanya bisa 10 saja, yang artinya jika saya punya 20 gigs, maka saya harus pause 10 gigs yang lain. Jika tidak maka fiverr akan pause 10 gigs tersebut berdasarkan yang terakhir dibuat, dalam waktu 48 jam setelah level di turunkan.Untungya saya hanya memiliki 6 gigs jagoan yang masih bisa di Andalkan.
- Kehilangan Badge (Lencana Kehormatan) Level 2. Saya pun harus merelakan lencana yang melambangkan reputasi baik tersebut. Level 2 adalah reputasi terbaik satu tingkat dibawah TOP RATED SELLER.
Kedua poin itulah yang sangat terasa dari efek turunnya level tersebut. Saya berharap klien-klien loyal akan tetap berdatangan dengan pekerjaan yang banyak namun terkendali,
ya.. banyak order saja tidak cukup untuk memperbaiki rating, jika pekerjaannya banyak yang lewat deadline.
ya.. banyak order saja tidak cukup untuk memperbaiki rating, jika pekerjaannya banyak yang lewat deadline.
Solusi yang Diberikan Fiverr
Rasa bersyukur selanjutnya muncul, ketika fiverr akan mengevaluasi gigs kita setiap tanggal 15, pada setiap bulannya.
Jadi dari tanggal 15 bulan ini ke tanggal 15 di bulan selanjutnya, semua fiverr seller harus berupaya meningkatkan atau menjaga rating masing-masing. Terutama rating Ontime Delivery, yang sangat di perhatikan oleh Fiverr.
Ya! Ini semua sangat adil, member baru jadi bisa bersaing dengan member lama.
Dan member lama pun tidak boleh terlena dengan lencana senioritas level two, karena lencana itu bisa dicopot oleh fiverr untuk memberikan kesempatan pada member baru yang lebih gesit dan pintar mengatur waktu.
Dan saya pun yang turun level, diberi kesempatan untuk mendapatkan kembali lencana LEVEL TWO disetiap masa evaluasi yang di perhitungkan setiap tanggal 15. Jika memenuhi kriteria tentunya. Dan ini pun tetap harus dijaga agar tidak turun lagi.
Tips Menjaga Ontime Delivery Rating
Sangat penting menjaga Ontime Delivery Rating agar Level Anda tidak turun.
Dimana setelah saya melihat akibat turunnya level serta mencari tau ke seller lain, memang Ontime Delivery-lah yang paling mempengaruhi.
Artinya kita harus mampu mengatur waktu sebaik mungkin agar terhindar dari keterlambatan deadline.
Inilah tips berasarkan pengalaman saya untuk menghindari keterlambatan dalam menjaga "Ontime Delivery":
Sangat penting menjaga Ontime Delivery Rating agar Level Anda tidak turun.
Dimana setelah saya melihat akibat turunnya level serta mencari tau ke seller lain, memang Ontime Delivery-lah yang paling mempengaruhi.
Artinya kita harus mampu mengatur waktu sebaik mungkin agar terhindar dari keterlambatan deadline.
Inilah tips berasarkan pengalaman saya untuk menghindari keterlambatan dalam menjaga "Ontime Delivery":
- Deteksi kesanggupan Anda 10 jam sebelum deadline terdekat.Jika kita sanggup mengerjakan tepat waktu, maka lanjutkan. Namun jika tidak maka pilihannya hanya 2: meminta perpanjangan waktu atau minta cancel sebelum deadline.
- Minta cancel 10 jam sebelum deadline jika tidak sanggup, sehingga klien bisa mencari seller lain sebelum mereka terlambat. Atau jika ragu-ragu, mintalah perpanjangan waktu.
- Jangan meminta perpanjangan waktu secara tertulis ke klien / buyer.Meminta perpanjangan waktu hanya kepada klien / buyer adalah SALAH BESAR.Kenapa?!Karena waktu akan terus berjalan, countdown fiverr yang sudah tertulis late akan merekam order tersebut menjadi late delivery.Rating Ontime pun akan turun!!!Lalu bagaimana cara yang benar meminta perpanjangan waktu?!
Cara yang Benar Meminta Perpanjangan Waktu
Cara yang benar untuk minta perpanjangan waktu adalah melakukan kontak ke Resolution Center untuk meminta Extended Delivery Time (perpanjangan waktu), yang akan diketahui oleh Fiverr dan Klien (Buyer).
Yang nantinya fiverr akan menghentikan waktu dan menambahkannya atas sepengetahuan buyer (klien). Caranya:
Klik "Visit Resolution Center" di pojok kanan dalam form order klien kita.
Klik "Other" disertai alasan kenapa kamu butuh perpanjangan waktu.
Lalu "Continue".
Klik "Extended The Delivery Time" untuk meminta perpanjangan waktu, yang nantinya akan diketahui fiverr dan di-notifikasi-kan ke Buyer / Klien.
Lalu pilih tambahan waktu yang kamu harapkan disertai alasan lengkap di kolom yang tersedia.
Dan "Send".
* Perlu kita ketahui bersama. Inilah cara terbaik meminta perpanjangan waktu dibandingkan kamu hanya mengirim permintaan perpanjangan waktu tersebut hanya melalui inbox klien di form order.
Karena dengan cara ini, fiverr pun menambahkan waktu pada hitungan mundur deadline atas persetujuan klien / buyer. Sehingga order tersebut tidak di cap sebagai late delivery dan rating ontime pun terjaga.
Andaikan klien/buyer tidak setuju atau tidak bersedia dengan permohonan perpanjangan waktu tersebut, maka klien akan cancel order tersebut sebagai "mutual cancel" atau pembatalan atas keputusan bersama tanpa kekecewaan, sehingga tidak membawa dampak buruk bagi rating.
Penutup
Demikianlah sharing pengalaman pribadi saya yang mengalami penurunan level akibat dari kesalahan saya sendiri dalam mengatur waktu dan menerima order tanpa memperhitungkan kesanggupan diri.
Saya pun melampirkan tips diakhir pengalaman tersebut agar teman-teman yang merasa aman, bisa terhindar dari masalah tersebut. Dan bagi yang mengalaminya bisa survive dan termotivasi untuk memperoleh kembali level yang diturunkan fiverr karena kesalahan kita tersebut.
Salam sukses untuk kita semua!
Sampai jumpa di postingan selanjutnya...
Sampai jumpa di postingan selanjutnya...
******************
Jangan lupa untuk subscribe, bookmark & kunjungi selalu Vector In Graphic.