Monday, October 22, 2018

Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Kedengerannya mudah menghasilkan uang dari blog, tapi jika kita tidak tahu caranya dan tidak bekerja keras maka akan sulit untuk menghasilkan. Blog kita harus kita pelihara, kita harus rajin meng-update konten di blog kita.

Kita harus merencanakan sejak awal tujuan dari blog kita, tujuan yang jelas akan membuat kita fokus blogging dan memonetize blog kita tersebut. Banyak orang yang ngeblog hanya untuk ikut-ikutan atau iseng saja, seiring waktu nanti akan terlihat, yang aktif dan pasif. 

Blog yang aktif tentu saja banyak diminati oleh pengunjung dan hal ini berarti potensi untuk menghasilkan uang dari blog terbuka lebar. Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog : 


1. Komisi Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Ada orang yang tidak mau repot-repot membuat produk sendiri. Tidak mau repot urusan pembayaran, repot buat produk, dll. Affiliate Marketing bisa jadi alternatif yang menarik untuk mendatangkan uang dari blog. Kita tinggal memilih produk affiliate untuk dijual. Lalu kita mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Dan mendapatkan komisi affiliate marketing sekian persen dari harga produk.

Yang perlu kita perhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog kita. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.


Ada 2 cara kita bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. 

Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. 

Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada. 

Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:

Amazon – produk fisik

Clickbank – produk digital

WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing

ShareASale – berbagai produk dan layanan

CJ – berbagai produk dan layanan

Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan

Envato – produk untuk web developer dan desain grafis

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang tinggi. Keunggulan mempromosikan produk affiliate melalui blog dibandingkan dengan memasang iklan adalah tidak merusak tampilan website dan komisi yang kita dapatkan jauh lebih tinggi. 


2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog (Direct Advertising)

Direct Advertising adalah metode dimana kita menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kita. Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog kita bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Blog yang menghasilkan uang pastilah blog dengan traffik yang tinggi. Traffik yang tinggi tentu saja menarik minat banyak pengiklan. Kita bisa menyiapkan ruang/spot untuk pemasangan iklan di blog kita. Kita bisa menyewakannya secara bulanan. Kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari spot iklan kita. 

Tentu saja kita harus pintar-pintar memilih produk iklan yang akan dipasang di blog kita. Pilihlah produk yang sesuai dengan topik blog kita atau yang berkaitan dengan konten blog kita. Jika blog kita tentang internet marketing maka pilih produk yang berkaitan dengan niche tersebut. Hindari iklan yang bertentangan dengan niche blog kita karena akan membingungkan pengunjung. Jangan sampai iklan yang kita pasang dianggap mengganngu dan membingungkan dan justru mengurangi kunjungan visitor kita. 


3. Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

Blog bisa menjadi sarana peluang bisnis kita. Kita bisa membuat blog yang sesuai dengan hobi kita. Kita bisa membuat ulasan yang menarik tentang hobi yang kita lakukan. Misalnya kita hobi memasak, kita bisa posting konten berupa resep-resep masakan yang kita praktekkan, semakin blog kita diminati orang semakin besar peluang yang kita dapatkan. Bisa jadi kita akan melayani pemesanan makanan yang kita buat dan akhirnya kita bisa membuka catering. 

Jika kita hobi menulis dan tertarik dengan internet marketing kita bisa mulai membuat e-book dan video tutorial yang bisa kita bagikan secara gratis, selanjutnya kita dapat membuat e-book dan video tutorial yang berkualitas sehingga bisa kita jual dan memberi income buat kita. Semakin kita rajin membuat konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat semakin besar orang yang berminat terhadap produk kita. Dan tidak menutup kemungkinan akhirnya kita dapat menerbitkan buku karya kita. 

Selain produk, kita juga dapat menawarkan pelayanan jasa di blog kita. Misalnya kita yang memiliki keahlian khusus seperti : membuat website, menulis artikel, desain grafis, dll.

>> Lanjut ke Bagian 2 [Klik Disini]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...