2 Alasan Utama Desainer Grafis Perlu Main Youtube


Setelah menelusuri beberapa mastah desainer grafis yang berhasil membangun channel youtube. Dan mengikuti perkembangan juga menjadi penonton setia kiat sukses mereka yang sangat memotivasi. Maka saya tergerak untuk mengutarakan 2 alasan utama betapa pentingnya membangun channel youtube bagi desainer grafis.

Mari kita jabarkan secara mendalam satu per satu untuk motivasi kita bersama:

1. Lebih Berpeluang Memiliki Banyak Viewer Tetarget

Skill desain grafis sangat menarik perhatian orang dari banyak bidang, karena keahlian ini mampu mengetuk pintu berbagai jenis bisnis.

Dengan desain grafis,
Sebuah komunikasi jadi lebih efektif dan menarik perhatian.

Dengan desain grafis,
Mampu mengemas produk seolah berbicara selama 24 jam di self display.

Dengan desain grafis,
Sebuah identitas merk akan mudah di kenali.

Dengan desain grafis,
Kaos biasa bisa memiliki nilai tambah.

Dengan desain grafis,
Orang rela meluangkan waktu untuk melihat billboard dan segala bentuk iklan maupun publikasi.

Mengangkat topik desain grafis di channel youtube masih sangat menjanjikan untuk meraih banyak perhatian tersegmen dari audience di topik ini, maupun topik lain yang masih terkait dengannya.

Persaingan di topik ini tidak terlalu ketat, tidak juga terlalu longgar.
Banyak peminatnya, namun masih sedang tingkat persaingannya.

Untuk audience indonesia, antusias melihat channel youtube bertopik desain grafis tergolong tinggi.
Apalagi di era digital ini, banyak sekali generasi milenial mulai dari fresh graduate hingga profesional melirik bidang ini sebagai target profesi yang menggiurkan.

Membuat konten bertopik desain grafis di youtube baik tutorial, inspirasi ataupun kiat sukses, seakan memberikan harta karun bagi mereka yang haus akan ilmu dan informasi di bidang desain. Sehingga bisa dipastikan kita akan memiliki kolam audience yang banyak dan tertarget. Dan biasanya audeince yang tertarget akan sangat solid dan setia mengikuti dan menjadi subscriber dari channel kita.

Baca Juga: Inilah Video Youtube yang Paling GAMPANG di Buat, Tapi Paling Sering di Lirik

2. Banyak Ide Bisnis Menjanjikan yang Tertaut di Channel Youtube

Mari kita lirik salah satu mastah desain grafis yang menjadi youtuber di tanah air, YokoBomb - Creator Hay Academy: Kelas Fiverr, Kelas Freelance, Kelas Desain Logo, Kelas Photoshop & Kelas Adobe Illustrator.


Dari channel youtubenya kita bisa menanalisa bahwa Mas Yoko telah berhasil mengumpulkan audience tersegmen di bidang desain grafis dengan total 44k+ subscriber. Dan menautkan channel tersebut ke beberapa bentuk bisnis antara lain:

  • Menjadi Publisher Youtube Adsense. 
    Di channelnya kita sudah bisa melihat iklan tayang. Ini menandakan YokoBomb sudah sukses diterima sebagai publisher Youtube Adsense dan mendapatkan bayaran dari program monetesasi Youtube Adsense.

  • Mempromosikan Produk Barang Maupun Jasa Sendiri. 
    Selain itu personal brandingnya sebagai desainer grafis professional akan sangat membantunya mendapatkan calon klien yang akan order jasa desain dari aktifitas main youtube tersebut. 

    Sesekali waktu YokoBomb juga mempromosikan produk digital yang ia buat berupa ecourse yang membantu desainer grafis untuk meningkatkan skil bisnis seperti: Kelas Fiverr, Kelas Freelance, Kelas Desain Logo, Kelas Photoshop & Kelas Adobe Illustrator.

    Ia sisipkan pesan promosi tersebut didalam videonya dimana linknya tertanam dalam deskripsi video.

  • Affiliate Marketing (Mempromosikan Produk Orang Lain). 
    Tak hanya produk sendiri, YokoBomb juga aktif mempromosikan produk orang lain dengan sistem pembayaran komisi afiliasi. Dalam hal ini YokoBomb juga menjalani bisnis affiliate marketing dalam videonya.

    Baca Juga: Di Bikinin Web Afiliasi dan Di Ajarin Cara Pakainya

  • Menjadi Endorser Sebuah Produk / Layanan. 
    Dalam salah satu videonya saya juga menonton saat YokoBomb menjadi sebuah endorser dari situs marketplace baru yaitu Tokome. Dimana dalam aktifitas tersebut YokoBomb mendapatkan bayaran dari aktifitas videonya memperkenalkan marketplace tersebut.
Nah dari beragam cara yang YokoBomb terapkan diatas, kelihatankan peluang bisnis apa saja yang bisa ditautkan pada channel youtubenya? Hal ini bisa jadi acuan dan motivasi bagi desainer grafis seperti kita untuk memulai bermain youtube. 

Nah demikianlah 2 alasan utama betapa pentingnya membangun channel youtube bagi desainer grafis seperti kita. Cukup mengiurkan bukan? Bagi teman-teman yang baru tau begitu besar peluang bisnisnya mari segera memulainya.

Kita bisa memulainya dengan membuat video tutorial, mereview sebuah software, tools maupun layanan desain atau bisa juga membuat video interview terhadap desainer grafis, sebagai ajang motivasi dan berbagi kiat sukses. 


Sekarang membuat video semakin mudah loh...
Apalagi untuk desainer grafis biasanya tools yang paling sering digunakan adalah:

  1. Active Presenter,

    Fungsinya untuk merekam aktifitas di monitor, sangat cocok buat teman-teman yang berbagi tutorial. Jadi ketika kita sedang melakukan aktifitas desain dengan teknik tertentu, kita bisa merekamnnya untuk dijadikan tutorial di youtube.

    Active Presenter bisa di install secara gratis dalam versi yang terbatas. Active Presenter juga tersedia yang versi premium berbayar dengan fitur yang lebih lengkap, tapi yang gratisan pun sudah cukup untuk membuat video tutorial.

  2. PowerPoint + Levidio Vol.5,

    Fungsinya memberikan kumpulan template efek animasi yang keren. Yang membuat tutorialmu lebih menarik dan berkelas. Dengan Levideo Vol. 5 kamu bisa menyulap PowerPoint menjadi video editor yang kece. Lihat cara kerjanya [Klik disini]
Hanya mengandalkan 2 tools tersebut, teman-teman sudah bisa membuat video bermanfaat dan menarik. Serukan?!


Oke,

Sekarang teman-teman sudah tau betapa perlunya seorang desainer grafis bermain youtube.
Dan teman-teman juga sudah tau banyaknya peluang mencari income sebagai youtuber bertopik desainer grafis. Membangun channel youtube berarti kita menambah satu lagi asset digital yang sangat penting dalam membangun salah satu sumber pasif income.

Saya juga sudah merekomendasikan 2 tools penting untuk memulainya.
Jadi memang sudah waktunya kita action dengan segala kemudahan yang kita ketahui.

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan motivasi bagi teman-teman semua.

Saya Erwin Wirapratama,
Saya ucapkan selamat mencoba!