Powerpoint Jadi Cuan di Era Online | Yuk Kerja Online Modal Powerpoint!!!

Dulu saya kira powerpoint cuma buat kerja orang kantoran, atau investor yang mau presentasi project. Hmmm.... emang iya sih dulu emang seperti itu terutama di era tahun 2000-2003 saat bisnis online belum terlalu booming, walaupun saat itu internet sudah ada. 

Oh iya emang apa aja sih yang bisa kita lakukan dari software ringan, sederhana dan pasti ada hampir di setiap komputer teman-teman? Saya akan ceritakan satu persatu kehebatan powerpoint untuk mencari income di era digital ini, sebagian diantaranya pengalaman pribadi, sebagian yang lain hasil pembelajaran saya di sebuah grup exclusive para pengguna powerpoint.

Yuk cek, kali aja sebenarnya teman-teman juga bisa tapi belum mencoba...



1. Membuat Jasa Promosi Baik Statis dan Animasi.

Animasi powerpoint sangat bagus dan dinamis namun sangat ringan. Kamu jangan berfikir animasi untuk film hollywood ya, hehehe... karena kita tidak perlu sekompeks itu untuk berpromosi. Dengan animasi ringan singkat namun mengandung komunikasi tepat sasaran, powerpoint sudah sangat mampu untuk membuat konten promosi. Klo yang animasi saja cukup bagus apalagi yang statis. Iya kan?!

Cek: Template Powerpoint untuk Jasa Feed Instagram

2. Membuat Jasa Undangan Digital Baik Statis Maupun Animasi.

Undangan memang baiknya disampaikan dengan secara langsung dan dalam bentuk fisik non-digital, untuk lebih menghargai dan menghormati orang yang diundang. Namun apa jadinya jika terkendala jarak dan waktu tentunya akan ada biaya khusus untuk mengirim undangan bentuk fisik ke kerabat yang beda pulau atau bahkan beda negara, belum lagi ada masalah pengiriman dan lain-lain. 

Gak usah jauh-jauh mikir, contoh aja sekarang di masa pandemi virus covid-19 ini, jangankan undangannya, pernikahan saja sudah ada yang dibuat virtual, karena PSBB.

Nah, kamu bisa melirik kemampuan powerpoint sebagai jasa undangan digital baik statis dan animasi. Lalu dari jasa itu bisa kamu paketkan jadi jasa animasi prewedding juga, bahkan album kenangannya pun bisa dibuat animasi slideshow powerpoint yang memukau. 

Cek: Template Powerpoint untuk Jasa Undangan Digital

3. Membuat Jasa Video Explainer.

Seiring perkembanganya powerpoint semakin meningkatkan fiturnya, gak kalah sama after effect, apalagi harga lisensinya gk semahal adobe. Jadi kamu harusnya semakin pede untuk mendalami powerpoint sebagai jasa video explainer yang biasanya digunakan sebagai alat presentasi project, presentasi skripsi bagi mahasiswa, company profile dalam bentuk animasi simpel tapi asyik, hingga penjelasan mengenai produk, bahkan iklan TV bergaya video explainer pun sudah banyak untuk menjelaskan suatu layanan.

Nah ini bisa kamu jadikan peluang bagi kamu untuk menawarkan jasa video explainer ke perusahaan-perusahaan atau ke teman-teman kamu yang membutuhkannya. 

Cek: Template Powerpoint untuk Jasa Video Explainer

4. Menghias Konten Youtube dengan Gaya Video Explainer.

Gk pede ngoceh depan kamera? Tenang channel youtube bergaya video explainer pun bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat konten edukasi atau pembahasan ringan suatu topik yang sedang hangat. Nah kamu bisa memanfaatkan powerpoint untuk membuatnya, layaknya kamu sedang presentasi, cuma kamu kemas aja jadi lebih menarik dan unik, dijamin tembus adesense selama itu murni karya kamu. Youtube tidak melihat seberapa susah kamu bikin video, yang dilihat adalah konten original, jadi mau kamu buat di powerpoint lalu diexport ke format video, selama itu asli buatan kita maka youtube suka, apalagi kontennya bermanfaat dan edukatif.

Powerpoint juga asyik dan keren untuk membat intro, outro, transisi bahkan animasi tombol subscribe, like dan lonceng loh! Coba deh berexplorasi!

Cek: Template Powerpoint untuk Kebutuhan Youtuber

5.???
Point ini dan seterusnya mungkin akan bertambah seiring berjalannya waktu. Atau jika teman-teman punya pengalaman menarik tentang cara mendapatkan penghasilan bermodalkan powerpoint, bisa share di kolom komentar ya, kali aja bisa dipraktekkan oleh orang yang membaca dan jadi pahala jariyah buat teman-teman, iyakan?
 

Dimana Cara Belajar Powerpoint?!

Pertanyaan ini memang sering muncul dibenak teman-teman yang baru tau kulitnya saja tentang powerpoint, tapi belum mendalami fitur-fiturnya. Tenang aja teman-teman, di era digital ini asal mau mencari dan berusaha pasti dapet ilmunya, entah itu yang gratisan dari channel youtube, atau ikut kursus berbayar secara offline maupun online (ecourse berbayar).


Dimana Tempat Jual Jasa Skill Powerpoint Tersebut?! 

Nah ini lagi, pertanyaan yang sudah sangat mungkin mudah di jawab di era ini. Kamu bisa menjual jasa tersebut di sosial media kamu, share di grup wirausaha dan bisnis misalnya atau join di situs freelance marketplace seperti fiverr misalnya. Jika kamu punya rejeki lebih bisa promo berbayar via facebook ads atau google adwords. So, jadi gak ada alasan untuk mati ide jual dimana ya teman-teman, Insya Allah ada rejekinya, yang penting ilmunya dalami dulu dan ada passion didalamnya... hehehe...

Cek: Panduan Jual Template Powerpoint di Envanto Marketplace


Semoga postingan ini memberi manfaat dalam membuka wacana kita bersama, terutama untuk yang mau terjun ke dunia layanan jasa desain walau tidak memiliki basic desainer dan software khusus desainer. 

Demikian dari saya, terimakasih atas waktunya!

Salam Kreatif!
Erwin Wirapratama 


Related Topic: Peluang Usaha Undangan Digital & Animasi Wedding Modal Powerpoint