Inspirasi Fiverr Seller | Siapa Sih Klien Vector Tracing?!

"Bismillah, semoga sharing kali ini cocok untuk teman-teman yang mencari informasi tentang peluang menjual jasa vector tracing di fiverr."


Sebagaimana kita tau, vector tracing merupakan aktifitas menggambar ulang sesuatu entah itu sketsa ilustrasi, file yang rusak/pecah atau beresolusi rendah (lowres), atau segala referensi non digital yang ingin digambar ulang atau didigitalkan (digitalize) kedalam format vector. Aktifitas vector tracing kadang disebut juga vectorize.

Oh iya vector disini, benar-benar format vector ya! 
Bukan gambar mirip vector padahal pixel atau bitmap yang dibuat di photoshop atau software olah pixel lainnya.

File vector hanya bisa terbentuk oleh software pembuat vector seperti: Adobe Illustrator, CorelDraw, dan software pembuat objek vector lainnya.

Nah! Siapa sih yang butuh jasa vector tracing?!

Biasanya orang-orang yang butuh layanan jasa vector tracing ialah orang yang… 
  • Kehilangan file mentah (source file) bisa di karenakan virus, hardisk terbakar dan penyebab lainnya, dan orang tersebut hanya menyisakan file dengan kualitas buruk atau rendah (lowres atau low resolution). Sehingga gambar yang dihasilkan akan pecah saat di perbesar untuk ukuran tertentu dan tidak professional untuk dilihat sebagai desain. 
  • Memiliki konsep namun kurang memahami software desain, biasanya orang tersebut mahir dalam membuat konsep baik mulai dari sketsa, mencari referensi non digital dan sebagainya. Namun kurang memahai software, sehingga membutuhkan orang lain untuk mengaplikasikan idenya ke format digital, dalam hal ini file vector.

Dimana kita bisa menemui mereka?!

Mereka bisa di temukan dimana-mana, di grup-grup facebook, di linkedin, twitter dan lain-lain.
Dan siapa kah mereka?!

Dari pengalaman yang sering saya temui mereka biasanya sesama desainer juga atau yang kerjaannya ada hubungannya dengan desain, seperti:
  • 'Art Director atau Creative Director', yang bisa konsep namun butuh orang untuk mengaplikasikannya ke software desain, atau tidak punya waktu untuk melakukan aktifitas vector tracing tersebut.

  • 'Hand Drawn Illustrator', illustrator murni yang bekerja dengan pensil dan secarik kertas yang butuh orang lain untuk mentracing karyanya agar mampu terbit dalam sebuah buku (children book, dll), kemasan produk, merchandise (kaos, topi dan aksesoris lainnya).

  • 'Praktisi percetakan dan desain' yang kehilangan source file atau file mentah, dan butuh untuk memulihkannya (tracing ulang) dalam waktu cepat namun tidak punya waktu untuk melakukannya.
Nah klo kamu udah tau siapa mereka, maka gk kesulitankan menemukan dimana mereka?!
Apalagi di dunia serba online saat ini.

Kamu bisa ikuti langkah-langkah ini untuk menjangkau mereka…
  • Kamu bisa menjalin hubungan pertemanan dengan mereka di berbagai platform social media, bisa dengan akun social media kamu yang kamu khususkan untuk menjangkau mereka di facebook, linkedin, pinterest, twitter, dll. 

    Mungkin cara termudahnya membuat akun baru yang professional yang mengkhususkan untuk menjangkau mereka. Requestlah pertemanan dengan mencari profesi mereka di fitur pencarian. Isi postingan dengan portfolio atau hal-hal yang ada kaitannya dengan jasa vector tracing.

  • Atau join grup-grup di facebook yang berisi orang-orang seperti mereka, grup desain grafis internasional, grup-grup illustrator dari luar negeri, grup komunitas percetakan, dan lain-lain. Utamakan target grupnya dari negara-negara premium seperti negara-negara di benua amerika dan eropa.

    Tidak sulit menemukan grup-grup yang isinya benar-benar orang dari benua tersebut. Caranya cukup mudah manfaatkan fitur pencarian di facebook, ketik saja nama kotanya misalkan “Minnesota” lalu sebut nama komunitasnya, misalkan “Graphic Designer”.

  • Bisa dengan membuat vlog atau blog. Di channel youtube kamu bisa membuat proses kerja menggunakan rekam layar seperti active presenter dan camtasia, atau bagaimana pun caranya mempromosikan jasa kamu tersebut dalam bentuk video, lalu di kolom deskripsi bisa kamu cantumkan contact person atau link yang mengarah ke gigs fiverr kamu. 

    Demikian pula bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa mempromosikan jasa kamu dalam bentuk artikel yang menawarkan solusi bagi permasalahan calon klien kamu, tentunya yang ada hubungannya dengan jasa vector tracing ya.
Cara-cara di atas bisa kamu gunakan untuk mencari pembeli dari luar fiverr, cara ini memang perlu dilakukan jika gigs kamu baru dan belum mendapatkan order. 


Nah nanti klo sudah dapet order pertama, maka selesaikanlah dengan baik, sehingga klien pertama kamu itu puas dan memberikan rating positif di gigs fiverr kamu. Kalau satu atau dua orang klien saja terpuaskan dan memberi rating positif. Saya yakin fiverr akan menaruh gigs kamu di posisi terbaik dalam mesin pencarian fiverr. 

Oh iya cara tersebut tidak cuma berlaku untuk vector tracing saja ya, bisa jadi untuk jasa lainnya. Baik untuk jasa yang kamu pajang di fiverr agar cepat dapet rating atau jasa yang langsung ke kontak pribadi kamu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua ya...
Terimakasih atas waktunya!

Salam produktif!

Rekomendasi Powerfull: