Promo CAPER (Cari Perhatian) dengan ‘Free Stuff’ untuk FIVERR

Artikel Terkait:


Good morning, good evening, good afternoon, buat teman-teman, apakabar? Gimana bisnis onlinenya? Gimana project desainnya? Gimana penjualan di microstock agency, peopleperhour, fiverr, dll? Semoga lancar jaya yach J

Hari ini saya akan sharing sedikit pengalaman untuk teman2 semua . Tentang cara saya berpromosi di Fiverr (dan situs-situs kerja lainnya). Teknik ini saya  beri nama “Promo CAPER (Cari Perhatian) dengan ‘Free Stuff’ untuk FIVERR”.  

Kenapa ada kata “Caper” dan “Free Stuff”?!
Caper atau 'cari perhatian' maksudnya adalah meningkatkan impresi agar ter-ekspos jagad maya. Dan “Free Stuff” adalah mengunakan promosi dengan menyebarkan sesuatu yang bermanfaat dan dibagikan secara cuma-cuma.


Sebelum lanjut ke langkah-langkah saya berpromosi dengan cara tersebut, maka izinkan saya menyampaikan  tujuan dan maksud artikel ini di muat, antara lain:
·      Menjawab pertanyaan beberapa teman2 saya, yang minta di bisikin cara promo efektif di fiverr. (setiap orang mungkin berbeda2, tapi ini efektif bagi saya, bisa dilihat dengan hasil review [klik disini]).
·         Untuk para master mungkin ini klasik, namun semoga bermanfaat bagi para newbie.

Adapun langkah yang saya terapkan untuk mempromosikan fiverr dengan metode "CAPER" tersebut, adalah sebagai berikut:
1.       Memanfaatkan blog untuk sharing free stuff (saya pakai blogger).
Sebagai seorang graphic designer yang aktif mencari income online, tentunya saya punya banyak sekali freestuff, diantaranya adalah desain- desain saya yang mengalami penolakan dari para klien dan penolakan dari penjualan royalty di microstock agency [jika teman-teman ada yang belum tau apa itu microstock agency, silahkan klik disini].
Saya menggandeng situs-situs sharing untuk upload gambar vector (seperti ziddu maupun 4shared)  dan mendapatkan url link yang mengarahkan audience untuk mendownload freestuff saya, lalu link tersebut saya pasang diblog, agar audience bisa download secara cuma-cuma alias GRATIS.
Saya ikhaskan saja karya-karya yang mendapatkan penolakan tadi, demi mencari impresi dan visitor tetap / rutin ke blog Saya. 
He..he... di sini saya bisa dapet 2 manfaat: yang pertama Dapet Audience untuk Promosi dan yang kedua Dapet Pahala (inshaa Allah).
Selain freestuff berupa desain, illustrasi, vector dan lainnya, Kita juga bisa sharing tutorial.
Yang penting bisa menjadi alasan mereka berkunjung ke blog (karena ada sesuatu yang bermanfaat untuk mereka dapat secara gratis).

Ini contoh sharing freestuff saya, berupa gambar vector gratis dari karya saya yang ditolak situs microstock.



2.       Gunakan Sosial Media sebagai traffic generator (penggerak kunjungan ke blog).
Untuk menyebarkan link blog saya, saya cari pertemanan di  4 medsos andalan saya: Facebook pastinya, twitter, google plus, pinterest. Cari pertemanan internasional, incar pertemanan sesuai segmen service / jasa / gigs Anda.
Contoh kasus:
Saya incar desainer grafis dari US, UK dan Australia sebagai teman medsos saya. Saya sanjung mereka, saya rayu mereka, saya bilang ke mereka: “saya tertarik menjadi teman anda, setelah melihat karya2 anda yang sangat menginspirasi”.  Hal tersebut  efektif sekali agar mereka bersedia approve  saya sebagai teman sosmed mereka.Dan mengunjungi URL blog yang saya sebarkan.

Lho... Sayakan desain grafis? Kok target marketnya desain grafis juga?

Ini jawabanya:
Berdasarkan pengalaman saya berjualan di fiverr, peopleperhour, dll. Klien saya 70% adalah sesama deasiner yang overload kerjaan, hingga mereka butuh saya sebagai partner mereka.
Dan 30% sisanya adalah dari berbagai tempat diantaranya adalah publisher ebook amazon, dll.

Setelah punya banyak teman ter-target baik lokal maupun internasional, lakukanlah posting sesering mungkin yang mengarah ke blog kita yang penuh  dengan freestuff tersebut.
Saran:
·         Jangan mengganggu kenyamanan teman dengan spamming.
·         Lakukanlah posting di kronologi sendiri maupun fanpage.
·      Untuk twitter, gunakan alat posting terjadwal secara automatic (supaya anda tidak lelah ngetweet tiap hari). Saya sarankan gunakan aplikasi twuffer untuk auto-tweet terjadwal (silahkan googling sendiri dengan keyword 'twuffer'). Alat ini mantab banget sebagai auto tweet, gratis pula!
·     Untuk target Eropa dan US posting nya antara jam 12 sampai jam 1 malam waktu indonesa, itu berarti jam makan siang bagi US dan negara2 barat J

3.       Link yang mengarah ke Fiverr (atau situs kerja lainnya).
Setelah traffic bergerak, dan anda mendapatkan pengunjung banyak, tetap dengan jumlah yang konsisten (syukur2 meningkat J ), maka sekarang saatnya mengarahkan mereka ke tujuan.

Anda bisa pasang link yang mengarah ke jasa Anda, bisa juga script banner yang disediakan  fiverr.
Bagi yang ingin mendapatkan script banner dari fiverr, maka masuk ke "selling" lalu "promote your business" akan muncul script seperti ini: 

Script tersebut kalau di copy-paste di html blog, maka akan menghasilkan gambar seperti ini.
Nah loh... muncul banner dan foto orang ganteng di pojok kanan blog... hehehehehe...
(cari tau "cara pasang script html diblogger" melalui google seacrh).


Nah, demikianlah salah satu metode berdasarkan pengalaman saya berpromosi di fiverr. Sekali lagi, beda orang, beda peruntungan, terus terang bagi saya ini cara yang terbukti berhasil menurut pengalaman saya. Tentunya pasti ada banyak cara yang lebih mantab lagi dari para master dan senior, yang patut anda coba juga, yach.

Demikian saya sampaikan informasi tersebut. 
Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam,

---------------------------------------------------------
Gak kalah seru dan patut dicoba: