Pentingnya Database Bagi Bisnis Online Anda di Era Digital

Salah satu hal terpenting dalam bisnis online adalah database, dalam hal ini adalah database calon pelanggan Anda. Tanpa adanya database, bagaimana mungkin Anda bisa berjualan dan menghasilkan sales? Betul? 

Database bentuknya bermacam-macam seperti teman Facebook, follower IG / Twitter, email, nomor handphone, dll.. Database pelanggan merupakan aset yang harus Anda cari dan terus dikembangkan, agar bisnis online Anda semakin maju dan berkembang.

Dengan database inilah nantinya Anda akan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda dan menawarkan produk-produk yang dapat menyelesaikan permasalahan mereka. Semakin banyak database pelanggan maupun prospek yang Anda miliki, maka kesempatan Anda untuk closing semakin besar.


Oleh karena itu, jika Anda ingin memperoleh omset yang besar, Anda perlu memiliki database calon pelanggan yang besar pula. Jika Anda menginginkan bisnis Anda semakin berkembang, maka Anda juga harus terus mengembangkan database pelanggan Anda.

Di sinilah pentingnya database bagi bisnis online yang Anda bangun. Salah satu database terbaik yang powerful untuk membangun hubungan jangka panjang dengan prospek Anda adalah email. Dengan email, Anda bisa memfollow up prospek Anda dengan edukasi dan promosi produk menggunakan email marketing.

Permasalahannya adalah tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan data email maupun nomor handphone. Mencatat data-data tersebut satu persatu secara manual tentu sangat melelahkan, terlebih lagi jika datanya mencapai ratusan, bahkan ribuan. Selain melelahkan, mendata secara manual juga membutuhkan waktu yang lama.

Untungnya, ada kabar baik untuk Anda yang saat ini benar2 ingin mengembangkan database. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, tidak perlu bingung lagi, dan tidak perlu susah payah mencatat data-data email dan nomor handphone secara manual. Sebab, telah hadir sebuah tools yang powerful untuk mencatat / mengambil hingga ribuan data email asli user dan nomor handphone dari Facebook hanya dengan satu kali klik.