Supaya IDE, Selalu ADA

Assalamu'alaikum Teman-teman,

Bicara tentang gurihnya pasif income dari penjualan royalty illustrasi vector dan photography online, memang gk ada matinya ya! Selalu asyik untuk dibicarakan. Yapp!! komunitas kita menyebutnya bisnis microstock*.

*(Oh iya, untuk teman-teman yang ingin belajar cara jual royalty illustrasi gambar vector, bisa pelajari microstock terlebih dahulu (klik disini).)

Dan untuk teman-teman yang sudah berhasil mencicipi income dari penjualan royalty illustrasi vector & photograhy (microstock), saya ucapkan selamat!!! 

Dan...
Yuk kita bicara pada tahap selanjutnya, yaitu mengali ide dan kreatifitas, supaya IDE selalu ADA...

Pernah gk sih, teman-teman lagi asyik-asyiknya, semangat-semangatnya ingin mengirim karya sebanyak-banyaknya agar income semakin besar, namun ketika di depan komputer dan siap tempur, ternyata.... 
ting..tong... 
blank dan bingung mau ngapain...

Atau justru malah sebaliknya...
Terlalu banyak ide,
terlalu banyak referensi, malah bingung mulai dari mana... 

Untuk mensiasati kedua hal diatas (baik itu, gak ada ide atau terlalu banyak ide), maka saya punya sedikit tips untuk teman-teman sekalian. Apa saja kah itu?!

Ini dia:
  1. Miliki sebuah catatan, bisa berupa note kecil, bisa juga sketch book, hehe.... anak DKV pasti paham nih... Iya, dengan membawa catatan berupa note kecil atau sketch book layaknya anak DKV yang keren itu tuh he..he..., maka kalian akan selalu merekam inspirasi kalian dalam catatan tersebut. Tak peduli ide simpel maupun kompleks, berupa goresan kasar maupun serius, setidaknya kalian tidak mengabaikan sedikit pun yang ada di kepala kalian, dan tinggal membuka kembali, ketika kalian dihadapkan dengan mesin eksekusi ide, yang kita sebut komputer. Hingga kalian tidak menghabiskan waktu berlama-lama untuk berfikir di depan komputer. Tinggal terapkan apa yang dicatat, upload dan bammmm, tunggu income mengalir...
  2. Stand by bersama Gadget kesayangan Anda. Ya! Optimalkan gadget kita, jeprat-jepret segala macam inspirasi yang kita temui, dipertokoan, ditempat belanja, pada kemasan, billboard, hingga film kartun, semuanya adalah inspirasi yang berharga, copy idenya (jangan copy karyanya), kembangkan, dan modif jadi lebih bagus. Jika kalian memiliki samsung galaxy note, maka tambahan poin untuk Anda,, karena selain Anda bisa jeprat-jepret inspirasi, Anda juga bisa sketch di gadget tersebut. Ohya, kabar baiknya ada beberapa microstock agency yang menerima photography dari smartphone lohhh, bisa baca (klik) disini.
  3. Ada whiteboard di dinding ruang kerja Anda, juga sangat membantu membuat kinerja Anda lebih terstuktur, mulai dari menetapkan jadwal tema gambar agar tidak boring, sampai membedah konsep, bisa kita corat-coret di whiteboard tersebut. 
Nah demikianlah sedikit tips dari saya, sebenernya ada buaaaanyak sekali cara mensiasati blank atau mati ide, yang bisa kalian baca dan temui dari teman-teman yang lain. Ketiga cara diatas, hanyalah cara yang paling bekerja bagi saya, saya yakin teman-teman punya cara yang lebih maknyusss untuk mengali kecepatan berkreasi dan mencari ide, agar ide selalu ada.

Teman-teman juga bisa mampir ke portfolio saya, jika butuh inspirasi illustrasi bertema bisnis dan anak-anak [bisa klik disini].

Jadi.. Tidak ada lagi cerita kelamaan mikir depan komputer toh! 
Selamat mencoba & Sukses Selalu!

Salam,