πŸ•΅️‍♀️ Seputar Shutterstock | Keywording & Deskripsi Efektif πŸ•΅️‍♀️

“Sayang banget jika gambar sudah bagus, tapi gk ada yang liat, apalagi di download, apalagi dapat komisi / bayaran lisensi”

“Tahukah kamu, gambar yang simple sekali pun, bisa memperoleh banyak download, jika keyword dan deskripsinya tepat sasaran?!” 


πŸš€ Saya punya cara keywording dan deskripsi yang efektif, yang pernah saya coba sejak tahun 2010. 

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda, namun cara ini paling cocok dengan saya, dan semoga cocok juga dan membantu untuk teman-teman khususnya yang baru memulai. 

Saya pernah share tips ini pada video berikut ini [Klik disini]

Namun saya yakin banyak juga teman-teman yang lebih suka membaca daripada nonton video, jadi saya remake dalam format artikel ringan. 

***** 

Baik teman-teman, 
untuk membuat keywording dan deskripsi efektif saya menerapkan 2 hal. Yaitu: 
☝️ Sebut yang melekat pada objek gambarnya. 
✌️ Lalu sebut yang melekat pada konsep dan tujuan gambar itu di buat. 

Bagaimana contohnya?! 


πŸ•΅️‍♀️ DI KOLOM DESKRIPSI

☝️ Sebut yang melekat pada objek, 
Artinya kita menyebut apapun kata kunci utama pada gambar kita. 

Contohnya ketika saya menggambar seorang doctor sedang menembaki virus corona dari atap sebuah rumah. 

Maka saya sebut objek inti pada gambar tersebut: 
“Illustration vector graphic cartoon character of doctor fight covid-19 pandemic”. 
(bisa pakai Bahasa Indonesia dulu lalu di ubah di google translate atau grammarly). 
Tidak perlu semua objek kita sebutkan, cukup yang inti saja. 

✌️ Lalu sebut yang melekat pada konsep dan tujuan, 
Disini kita menyebut apa konsep dan tujuan gambar itu dibuat. 

Misalnya tujuan saya adalah untuk menyampaikan pesan bahwa kita harus mengapresiasi para dokter dan stay di rumah. Sehingga gambar tersebut cocok ditempatkan pada konten dengan tema kesehatan. 

Jadi pada kalimat kedua dikolom deskripsi tersbut bias saya tulis: 
“Good to use for medical and health care content” atau jika muat bisa saja saya buat jadi seperti ini: 
“Give appreciation to doctor with this artwork. Good to use for medical and health care content”. 
(Tapi sepertinya terlalu panjang heheheπŸ˜…). 

Kita tidak harus menulis semua cukup intinya saja, karena kolom deskripsi memang sangat terbatas spacenya, sisanya kita sebut dalam kolom keyword ya. 


πŸ•΅️‍♀️ DI KOLOM KEYWORD

Nah, dikolom keyword kita juga bisa terapkan cara diatas, 
namun bedanya disini adalah kumpulan kata-kata, bukan kalimat (narasi). 

Jadi contohnya seperti ini… 

☝️ Sebut yang melekat pada objek: 
“illustration, vector, graphic, cartoon, character, doctor, machine, gun, shot, fight, covid, corona virus, covid….. (dan seterusnya yang melekat pada objek di dalam gambar)” .

✌️ Lalu sebut yang melekat pada konsep dan tujuan: 
“medical, healthcare, pandemic, quarantine, protection, stay home, stay a live, stay safe…. (dan seterusnya yang melekat pada konsep dan tujuan gambar itu dibuat)” 

(Optional) Keyword Suggestion Tools. 
Jika dirasa masih kurang, teman-teman bisa mencoba keyword suggestion yang ada di bagian bawah pada kolom keyword. 

Caranya cukup mudah, 
tinggal ketik kata kunci utama pada gambar kita, misalnya doctor fight covid, lalu pilih 3 gambar yang paling mirip dengan karya kita, nanti kita akan di sarankan pada kata kunci yang bisa dipakai. 

Kita tidak perlu memasukan semua, cukup yang paling sesuai saja. 

***** 

Nah, bagaimana teman-teman?! 
Ternyata sangat mudah ya membuat keyword dan deskripsi gambar untuk karya kita di shutterstock dan microstock lainnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi yang baru memulai. 

Oh iya, 
gambar pada postingan ini hanyalah contoh dari salah satu karya saya yang cukup laris pada masa awal pandemi beberapa bulan lalu, jika teman-teman butuh inspirasi menggambar vector dengan tools yang sangat mudah digunakan bisa kunjungi playlist saya [Klik] disini.

Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. 
Terimakasih atas waktunya! 

Salam kreatif, 


Rekomendasi Terkait