Kunci Menghasilkan Income Melalui Blog


Kita sering dengar blog bisa menghasilkan duit? 

Ya, yang kita dengar benar kalau blog dapat menghasilkan duit. Apakah blog menghasilkan duit itu segampang kedengarannya? Tentu tidak.

Kita harus tahu cara mengelola blog dengan benar sehingga menghasilkan income untuk kita.

Jika pada artikel-artikel sebelumnya kita mengetahui cara menghasilkan uang dari blog.

Maka belum lengkap rasanya jika kita belum tahu kunci menghasilkan uang melalui blog. Berikut kunci keberhasilan yang harus kita kuasai :


1. Konten

Konten adalah raja. Ini adalah ungkapan yang paling ampuh di dunia internet marketing. Semua master blog mengkitalkan konten di blog mereka. Pada umumnya pengguna internet mencari informasi di dunia maya.

Jika blog kita bisa menyediakan informasi yang dicari dan dibutuhkan mereka tentu saja blog kita akan cepat berkembang dan tumbuh besar.

- Buatlah konten yang berkualitas, yang membuat orang ingin mengunjungi blog kita

- Ubahlah hobi, bakat dan keahlian kita menjadi informasi yang dibutuhkan pembaca. Carilah keyword dari topik yang kita kuasai, lakukan riset keyword.

- Backlink. Baclink merupakan link tautan dari blog / web lain yang mengarah ke blog kita. Kita bisa tukarann link atau membuat konten yang baik dan bermanfaat sehingga blog orang lain merekomendasikan blog kita melalui backlink di blognya, atau dengan mengunjungi blog lain yang masih mempunyai konten yang berkaitan dengan blog kita dengan mengisi komentar dan menautkan link didalamnya.

- Buat konten yang banyak sehingga blog kaya akan keyword


2. Traffic

Kunci berikutnya adalah traffic/banyaknya pengunjung. Blog yang bagus adalah blog yang trafficnya tinggi. Traffic sendiri dibagi 2, yaitu :

- Traffic Gratis, trafik ini umumnya berasal dari mesin pencari (Google, yahoo, bing), sosial media, sosial bookmark dan forum.

- Traffic Berbayar / Premium, Umumnya trafik ini berasal dari iklan yang kita pasang pada pihak ketiga seperti iklan adword, facebook ads dll.

Pilihan ada pada kita untuk mendapatkan traffic gratis atau berbayar. Kalau berbayar maka kita harus menyiapkan budget untuk pemasangan iklan. Kitapun dapat memanfaatkan traffic gratis, caranya :

a. Daftarkan blog kita ke search engine/mesin pencari;
b. Share konten ke sosial media, cara ini cukup efektif meningkatkan pengunjung ke blog kita;
c. Optimasi SEO OnPage
d. Bangun Bancklink
e. Promosi gratis : memberi komentar pada blog lain, memanfaatkan layanan RSS, memanfaatkan feature signature pada portal forum terkenal, dll.


3. Komunikasi Efektif

Membangun bisnis sama dengan membangun jaringan dan komunikasi. Blog kita harus cukup friendly dengan pengunjung caranya dengan bangun komunikasi yang efektif dan berikan pelayanan yang maksimal.

Bangun komunikasi dua arah dengan pengunjung blog kita, segera balas komentar dan tanggapan yang diberikan pengunjung terhadap postingan kita dengan demikian mereka merasa dihargai. Kita juga dapat memberikan pelayanan khusus bagi pengunjung misalnya berikan e-book gratis, video tutorial gratis, kupon diskon, dll.


4. Monetize


Kunci terakhir adalah monetize blog kita. Inilah yang membuat blog kita menghasilkan duit. Monetize blog ada 2, yaitu :

- Monetize Langsung adalah langkah yangg dilakukan untuk memanfaatkan program monetisasi seperti Google Adsense, iklan PPC Lokal, Affiliate Program atau menulis review terhadap program afiliasi.

- Monetize Tidak Langsung biasanya dilakukan dengan memanfaatkan blog yang kita miliki sebagai sarana menawarkan barang dan jasa yang kita tawarkan. Monetisasi ini bisa berupa jasa desain grafis, jasa pembuatan website, jasa SEO, jual e-book, video tutorial, dll.

Ketika blog kita sudah siap dimonetisasi, saat itulah blog kita akan mulai menghasilkan income untuk kita.

Demikianlah kunci menghasilkan income melalui blog yang dapat kita terapkan bersama, semoga menjadi motivasi bagi kita semua.


*** Temukan informasi berharga seputar bisnis dan kerja online di: Bisnisnya Desainer Grafis & vectoringraphic.blogspot.com ***