Jadi Youtuber Tanpa Kamera | Part 3. Alat & Ide Konten Minimalis EKonomis

"Ini adalah pembahasan lanjutan dari Jadi Youtuber Tanpa Kamera | Part 2. Langkah Awal yang merupakan step by step cara menjadi youtuber tanpa kamera, yang pernah saya alami. Dan mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber seperti google Adsense, promo produk atau layanan jasa sendiri maupun orang lain dengan sistem afiliasi, melalui channel youtube."


Assalamu'alaikum teman-teman,

Pada artikel kali ini saya akan membahas alat dan ide konten minimalis tanpa kamera. Yang pastinya cocok untuk kamu yang introvert, terbiasa bekerja di belakang layar, hingga sering grogi saat berbicara di depan kamera namun punya hasrat terpendam menjadi youtuber, berbagi manfaat ke orang banyak dan bercita-cita mendapatkan penghasilan tambahan melalui channel youtube.


Alat Minimalis Ekonomis

Alat minimalis dan ekonomis disini maksudnya ialah menggunakan tools atau software gratis atau jika berbayar pun harganya cukup murah dan ada pula yang sudah ternanam dalam komputer / laptop kita saat pertama kali membeli. Yuk kita bahas satu per satu...

1. Active Presenter
Active presenter merupakan software rekam layar, yang bisa di instal secara online. Fungsinya tentu untuk siaran yang menampilkan aktifitas kita di layar monitor seperti rekaman main game, tutorial software dan lain-lain.

Active presenter terdiri dari 2 versi, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Versi berbayar tentunya lebih lengkap fiturnya, namun yang gratis pun cukup bagus. 

Kamu bisa download dan instal active presenter (klik) disini. Sangat disarankan mengunakan computer dengan OS Windows 10 keatas ya! Dibawah itu kinerja akan terasa lambat.

Cara menggunakannya cukup mudah.

Setelah menginstal teman-teman bisa langsung membuka active presenter, lalu klik "Record Video" untuk memulai rekaman layar.


Kamu akan diarahkan ke layar mana kamu akan merekam. Dan ada area popup tertulis "Record Video Project". Kamu bisa mengatur apakah turun menyertakan webcam, serta merekam suara pula dengan microphone. 

Kisaran harga microphone sangat terjangkau, untuk jenis clipmic ada yang seharga Rp.70.000,-an kebawah di shopee, tokopedia dan toko online lainnya. 

Dan biasanya laptop model terbaru sudah dilengkapi dengan microphon yang tertanam pada body-nya, seperti laptop saya Asus X441BA yang saya beli kirasan harga 4 jutaan ( di tempat berbeda malah ada yang menjual dengan harga 3 jutaan) harga yang lumayan ekonomis bagi youtuber pemula dibanding harus membeli kamera DSLR, lighting dan biaya setting studio. 

Karena dengan laptop ini saja saya sudah cukup membuat beberapa video awal dulu hingga akhirnya channel saya berhasil di monetize dan sanggup membeli alat-alat tambahan, yang sebenarnya hanya untuk mempercantik tampilan saja.


Ok, jika kamu sudah siap merekam, maka tinggal tekan tombol "REC".
Mulailah merekam aktifitas dilayar monitor seperti: member tutorial, membahas software, mereview website, aplikasi dan lain-lain.

Kamu bisa menekan tombol "Pause Break" pada keyboard untuk menjeda rekaman. Dan menekan tombol "End" untuk mengakhirinya.


Saat mengakhiri rekam layar, kamu akan dibawa ke halaman untuk mengedit video, seperti memotong yang tidak perlu, mempercepat durasi dan lain-lain. Kamu juga bisa meng"insert" video atau animasi tambahan jika ada, bisa juga menambahkan musik dengan lisensi free commercial (izin pakai yang tidak melanggar hak cipta) agar lebih menarik.


Setelah semua terasa cukup, maka kamu bisa langsung export dalam format video, biasanya untuk di publish ke youtube saya pakai ukuran 1080 x 1921 pixel agar bisa dilihat dalam format HD. Dan output formatnya saya buat MP4.


Jika sudah maka kamu siap untuk menguploadnnya ke youtube sebagai video tutorial, review software, ulasan website dan lain-lain.

Biasanya video yang tampilannya berupa rekam layar akan terlihat membosankan bagi sebagian orang. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar tidak terlihat membosankan?

Teman-teman bisa mengiasnya dengan animasi berbentuk text, gambar atau efek-efek khusus. 

Bagaimana cara membuat animasi sederhana? 
Yang menarik dengan software yang harganya cukup terjangkau? Mudah digunakan? 
Dan biasanya sudah tertanam di komputer / laptop teman-teman saat pertama kali membeli?! 

Simak terus ya!


2. Powerpoint
Powerpoint dirancang dengan tujuan utama membuat animasi untuk keperluan presentasi, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, fitur-fiturnya semakin memukau. Sehingga kini powerpoint tidak lagi sekedar alat presentasi namun juga bisa dipakai sebagai alat desain promosi hingga membangun konten.

Teman-teman bisa lihat dari screenshot dibawah ini, dimana powerpoint saya jadikan alat pembuat intro animasi lengkap dengan tombol subsrcibe dan lonceng.


Penasaran dengan file mentahnya? Download dan pelajari (klik) disini!

Nah dengan menguasai kedua tools minimalis dan ekonomis diatas, teman-teman sudah bisa membuat konten secara konsisten di channel youtube teman-teman. Tantangan selanjutnya adalah mencari ide konten menggunakan kedua alat tersebut.


Ide Konten Minimalis Tanpa Kamera

Sebenarnya ada banyak ide konten yang bisa di eksekusi dengan active presenter & powerpoint, namun sesuai pembahasan kita, maka saya akan memberikan ide yang paling mudah, ekonomis dan minimalis berdasarkan pengalaman pribadi. Berikut diantaranya:

1. Konten Tutorial
Tutorial yang dimaksud disini adalah tutorial digital seperti cara menggunakan software, aplikasi, fitur-fitur website dan sebagainya. Kamu bisa temukan sesuatu yang paling kamu sukai dan kuasai lalu bikin tutorialnya, rekam, upload dan share di komunitas pengguna software, aplikasi dan fitur website tersebut untuk mendatangkan trafik tertarget.




2. Konten Review 
Kamu bisa mencoba mereview sebuah website, ebook, ecourse, template, aplikasi atau produk digital lainnya yang sedang rilis. Nah disini selain kita bisa mengincar penghasilan dari Google Adsense kita juga bisa mendapatkan Penghasilan Melalui Jaringan Afiliasi

Contoh: Video Cara Cepat dan Mudah Bikin Puzzle Feed Instagram



3. Konten Presentasi atau Podcast Bergambar
Sampaikan informasi penting dan bermanfaat bagi orang banyak seperti halnya siaran podcast, lalu hias dengan slide show presentasi powerpoint agar semakin menarik dan pesan tersampaikan. JUJUR SAJA YA!!! Ini adalah cara yang paling asyik, cepat dan mudah dibuat dan mengundang antusias yang tinggi.

Contoh: Langsung cek detik ke 00.39 pada Video 7 Sumber Income Online Graphic Designer


Kamu juga bisa gunakan 90.000+ slide animasi powerpoint dari Levidio Presentation untuk membuat tampilan yang semakin POWERFULL!!!


Oke Temen-temen,
Demikianlah alat dan ide konten minimalis ekonomis yang bisa teman-teman coba. Teman-teman bisa menkombinasikan semuanya jika memungkinkan. 

Ekonomis disini bukan berarti tanpa modal, minimal teman-teman memiliki laptop atau komputer yang tentunya harganya pasti lebih mudah dan terjangkau dibanding device lainnya seperti kamera, lighting, settin tempat (studio) dan properti fisik lainnya.

Harapan saya, cara ini bisa di jadikan langkah awal bagi teman-teman yang ingin memulai. Seiring berjalannya waktu, saya yakin teman-teman akan memiliki modal yang lebih besar untuk membeli device dalam meningkatkan tampilan video teman-teman.

Seiring itu pula semoga teman-teman yang introvert dan terbiasa dibelakang layar dan memiliki problem grogi depan kamera, akan semakin berani tampil di permukaan.

Demikian dari saya.
Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

Salam produktif,
Erwin Wirapratama


Rekomendasi Template Powerpoint Terbaik: