Kerja di Desa, Gaji Amerika

Bismillah..

Alhamdulillah pagi-pagi dapat email penyemangat berupa hasil wawancara Mas Yoko dengan salah satu member kelasnya....

Mas Yoko baru saja melakukan interview lagi dengan salah satu member Hay Academy.
Sebagaimana kita tau Hay Academy memilik 3 produk unggulan untuk para freelancer, antara lain:
Kembali ke Narasumber:
Namanya mas Dani. Masih muda, umurnya baru 20 tahun.

Dia sekarang bekerja secara remote sebagai desainer grafis dengan perusahaan real estate di California, US.

Sekedar info, kerja remote itu adalah istilah untuk kerja jarak jauh. Jadi anda bisa kerja dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor.

Mantap ya, kerja di desa gaji Amerika ^_^

Mau tau seperti apa detailnya? Simak wawancara mas Yoko dengan mas Dani yang saya COPAS berikut ini ya :


Yoko :
Halo mas Dani, boleh perkenalkan diri dulu mas Dani ini siapa?

Dani :
Hallo mas Yoko, perkenalkan nama saya Dani Irawan, seorang Remote Designer di perusahaan Real Estate di Califonia. Umur masih 20 an nih dan saya juga membuat komunitas desain di surabaya yang bernama "ADS ( Arek Desain Surabaya )

----------

Yoko :
Wow 20th, masih muda ya. Kalau boleh tau gimana ceritanya bisa dpt pekerjaan remote dari perusahan di California?

Dani :
ceritanya berawal ketika saya baru lulus SMK ya kurang lebih umur 18 tahun, ketika itu saya bergabung di grup IGD Whatsapp dan ada salah satu admin posting loker kerja remote ini. Tanpa panjang lebar saya langsung apply hanya membawa portfolio dan nekat yang kuat haha

----------

Yoko :
Mantaap! Kalo belajar desain sendiri sejak kapan nih? atau di SMK nya emang jurusan desain?

Dani :
untuk belajar desain sejak masuk SMK Multimedia mas 

----------

Yoko :
Ini kan mas kerja remote dari US ya, boleh di ceritakan sistem kerjanya gimana? Misal kayak jam kerjanya, terus gimana cara orang disana ngasih brief pekerjaan, gimana cara mas ngirim pekerjaan?

Dani :
yapp ini kerja remote dari US, dan jam kerjanya mengikuti sana. Saya start kerja mulai jam 00:00 - 08:00.

Untuk briefnya pihak Marketing kirim via email dan untuk komunikasinya melalui platform Google Hangout untuk mengirim pekerjaannya, saya menggunakan Dropbox mas jadi saya tinggal upload file di folder yang telah disediakan 

----------

Yoko :
Udah jalan berapa lama ini mas? Selama ini adakah kesulitan yg di hadapi?

Dani :
udah berjalan 2 Tahun mas, sejak November 2016 hehe. Kesulitannya ada 2 :

1. Bahasa

2. Jam Kerja

wkwkwk. sekarang sudah berjalan lancar :)

----------

Yoko :
Mantaap. Kalo sistem gajinya sendiri itungannya per jam atau udah kesepakatan dibayar per bulan?

Dani :
udah kesepakatan perbulan mas hehe 

----------

Yoko :
Buat inspirasi temen2 nih mas, boleh dibisikin berapa gajinya? Hehehe. atau munkin range nya aja kalau gak mau nyebutin nominalnya. Misal diatas $1000 atau berapa gtu?

Dani :
Alhamdulillah $1000 mas :)

----------

Yoko :
Alhamdulilah :) . Selain kerja remote, mas ada main di marketplace atau situs freelance lain?

Dani :
Selain kerja remote, saya juga main di beberapa marketplace mas, diantaranya : UI8, Mousecrafted, Graphicriver, dan Creativemarket. Dan juga bangun studio kecil dengan teman saya, Aan Ragil namanya

----------

Yoko :
Cool! Double2 penghasilan nya yah. Hehe. Gini mas, kadang orang cuma liat hasil yg mas capai sekarang tanpa melihat pengorbanan mas Dani. Nah, boleh cerita pengorbanan apa yg mas lakuin sampai bisa dititik sekarang ini? Misal sehari bisa kerja 12 jam atau harus rela gak main sama temen2nya gitu?

Yoko :
Hmm kalau untuk kerjaan remote sih saya biasa ngerjakan project di luar jam kantor. Jadi saya minta ke bagian Marketing apa ada project yang bisa saya kerjakan di waktu Indonesia ini, dan saya build trust ke mereka. Untuk bermain bersama teman tetap bisa kok mas, semua memang saya atur biar sama sama balance 

----------

Yoko :
Terakhir nih mas, ada saran untuk temen2 yang baru mau mulai kerja online/remote?

Dani :
Tips dari saya, mulailah persiapkan portfolio kalian dan buat sebagus mungkin :grin:. Jangan pesimis dengan diri kita, kita harus melangkah kedepan, dan yang terpenting jangan takut untuk memulai! #MulaiAjaDulu

----------

Yoko :
Thanks sharingnya mas Dani. Semoga ceritanya bisa menginspirasi temen2 lainnya. Sukses dan sehat selalu ya :)

Dani :
Wahh terimakasih kepada mas Yoko juga karena saya sudah diberi kesempatan untuk bisa sharing2 kepada teman2 semua :)

Sukses terus untuk mas Yoko dan teman2 semuanya. Aamiin

----------
Demikianlah wawancara mas Yoko & Mas Dani yang saya COPAS dari email motivasi Hay Academy. Mau kenalan sama mas Dani? Cek aja instagramnya, IG : @daniirawan.design

----------

Kemarin ada mas Ibnu Rasikh yang masih 17 tahun udah ngasilin ribuan dollar dari Fiverr.

Sekarang ada mas Dani Irawan yang masih 20 tahun gajinya udah ribuan dollar.

Masih muda, keren-keren semua ya ^_^

Oh ya, Mas Yoko kenal mas Dani ini karena dia adalah member Hay Academy.

Mas Yoko tau ketika dia join di salah satu ecourse Hay Academy, posisi dia udah kerja remote dan ngasilin ribuan dollar.

Ini membuktikan walaupun sudah sukses, mas Dani tetep mau belajar hal baru.

Kalau yang sudah kerja remote gaji Amerika aja mau terus belajar, kamu juga harus mau belajar terus, ya. Oke?

* Mas Yoko pernah membuat ecourse Kelas Freelance yang berisi 170+ video tentang perjalanan, tips & trik, dan cara beliau menjadi fulltime freelancer selama 3 tahun lebih. Infonya boleh dilihat disini : KELAS FREELANCE [Klik Disini]

** Intinya belajar bisa dari manapun, mau pilih yang berbayar atau gratisan, yang penting selalu upgrade skill dan ilmu kamu, ya. Setuju?!

Semoga bermanfaat.