6 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses

Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena Kita bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. 

Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya memajang produk jualan Kita.
Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online?
Berikut ini 6 Strategi Membuat Toko Online Sukses :


1. Desain dan Fitur Toko Online 

Membuat toko online bisa memakai bermacam cara, bisa dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi Kita yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja Kita dikenakan biaya bulanan.

Apapun pilihan cara Kita membuat toko online, yang perlu Kita perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online Kita. Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online Kita seindah dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop Kita. Berikut tipsnya :
  • Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan perpaduan warnanya.
  • Perhatiakan penataan display produk yanga Kita tawarkan, berilah informasi yang lengkap tentang produk Kita
  • Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner, dll
  • Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
  • Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi Kita

2. Pelayanan Customer Service

Pelayanan Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan Kita bertanya kepada Kita tentang bermacam hal terkait produk dan layanan toko online Kita. Untuk toko online Kita baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online Kita. Sehingga pelanggan tidak menghubungi Kita diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting diperhatikan :
  • Cepat respon pesan dari customer Kita
  • Menerima saran dan masukan dari customer Kita 
  • Mengucapkan ‘terima kasih sudah menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
  • Mintalah maaf jika terjadi hal yang tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan Kita seperti keterlambatan paket sampai di alamat tujuan.

3. Foto produk yang menarik dan berkualitas

Foto produk yang berkualitas Kitalah kunci sukses Kita menjual produk Kita. Berikut tipsnya :
  • Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
  • Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
  • Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak belakang dan tampak samping)
  • Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat loading.

4. Bangun Sistem Reseller

Reseller adalah orang yang membantu menjual produk Kita dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang Kita berikan. Reseller bisa mendongkrak penjualan Kita. Keuntungan Kita per item lebih sedikit tapi secara kuantitas produk Kita terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal Kita memberi batasan minimal order atau Kita bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll. 

5. Belajar Internet Marketing SEO

Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya Kita harus mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online Kita di search engine. 

6. Manfaatkan secara maksimal media sosial

Kita bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk Kita dan mengarahkan pengunjung Kita mengunjungi toko online Kita.

*****

Semua pembahasan di atas merupakan kutipan dari Video Tutorial "Sukses Bisnis Online"