Reseller Vs Dropship

Reseller adalah orang yang menjual ulang suatu barang/produk. Sedangkan dropship adalah bisnis dimana kita meminta supplier/pemasok untuk mengirimkan barang/produk ke pelanggan kita. 

Persamaannya adalah sama-sama tidak memiliki barang/produk sendiri. Jika kita memiliki cukup modal kita bisa mulai bisnis online reseller, tapi jika kita tidak memiliki modal/sedikit modal kita bisa mulai dengan bisnis online dropship. 



Kelebihan dan Kekurangan reseller :

Kelebihan : 
  • Tahu stok barang : produk ada ditangan kita jadi kita tahu stok barang yang ada
  • Bisa menjalaskan kondisi barang dengan mendetail
  • Bisa menerima pelangga secara online maupun offline
  • Keuntungan dari diskon yang diberikan lebih besar
Kekurangan :
  • Butuh modal tidak sedikit, biasanya sampai jutaan
  • Direpotkan dengan pengemasan barang dan pengiriman

Kelebihan dan Kekurangan dropship :

Kelebihan : 
  • Modal sedikit
  • Tidak diribetkan dengan pengemasan dan pengiriman karena semua dilakukan supplier
  • Kapanpun dan dimanapun bisa dijalankan, komunikasi dengan pelanggan bisa dilakukan secara online
Kekurangan :
  • Penghasilan kecil : diskon dropship biasanya lebih kecil
  • Tidak tahu kondisi barang : karena barang ada disupplier jadi kita tidak tahu persis kondisi barang yang kita jual
  • Tidak tahu stok barang : Stok barang tentu kita bisa tanyakan ke supplier, tapi kadangkala responnya lambat. Apalagi supplier memiliki banyak reseller atau dropshipper. Alhasil kita bisa kehilangan pelanggan kita.
  • Menghadapi komplain pelanggan : karena kita tidak tahu kondisi barang yang dikirim, maka kita akan kesulitan ketika menghadapi komplain dari pelanggan kita. 


Untuk sukses memulai bisnis ini dibutuhkan kiat khusus. Berikut beberapa kiat yang akan membantu kita sebagai pebisnis pemula :


1. Daftar Jadi Reseller atau Dropshipper
kita bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper sesuaikan dengan kemampuan kita. Untuk mendaftar jadi reseller atau dropshipper kita bisa mencarinya di toko online yang menyediakan layanan ini. kita bisa bertanya kepada owner. Bahkan untuk toko online ada yang memasang halaman khusus program reseller atau dropship. Tidak semua toko online membuka peluang ini. Ada yang hanya membuka reseller saja, ada yang membuka dropship saja dan ada juga yang tidak menerima keduanya. 


2. Carilah Supplier yang Responsif
Carilah supplier yang responsif karena mereka akan memudahkan kita untuk menjalankan kedua program ini. Carilah supplier yang cepat tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan dan orderan kita Terutama jika kita memilih dropship, kita akan sangat bergantung dengan informasi yang diberikan supplier. Supplier yang responsif membuat kita nyaman dan tenang menjalankan kedua program ini. kita bisa mengikuti program reseller dan dropship dari beberapa toko onlne, dengan begitu kita akan melihat supplier mana yang lebih responsif.


3. Uji Coba Dulu Produk yang Akan Dijual
Kualitas produk yang akan kita jual harus kita perhatikan.kita bisa membeli terlebih dahulu produk dari toko online yang akan kita ikuti programmnya. Dari transaksi ini, kita bisa mengetahui alur atau cara order dari toko online tersebut, kecepatan respon, kualitas produk, cara pengemasan produk, serta jasa pengiriman yang bekerja sama dengan toko online/ supplier tersebut. 


4. Membuat Perjanjian atau Kesepakatan Dengan Supplier
Banyak toko online yang menawarkan program reseller dan dropship. Masing-masing toko online memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. kita perlu perhatikan setiap poinnya, jangan hanya besaran komisi/diskon yang saja yang kita perhatikan. Kuatir ditengah jalan supplier mengubah ketentuannnya, buatlah kesepakatan di awal. Sehingga masing-masing pihak bisa saling bertanggung jawab dengan kesepakatan tersebut. Biasanya untuk dropship syaratnya lebih mudah. kita toko online yang menentukan minimal order, ada juga yang tidak menentukan minimal order jadi order berapapun akan dilayani dan hanya menentukan minimal order untuk pembelian pertama. Carilah yang tidak menentukan minimal order. 


5. Bangun Hubungan dan Komunikasi yang Baik Dengan Supplier
kita harus membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan supplier , terutama jika kita dropshipper. Komunikasi yang baik memudahkan kita melakukan order-order berikutnya. Jika komunikasi berjalan baik dan lancar, bisnis ini bisa kita lakukan bertahun-tahun. 


Kita bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Jika kita cukup jeli, pada akhirnya kita akan memiliki toko online dengan produk kita sendiri. Pengalaman kita menjadi reseller dan dropshipper ini akan bermanfaat nantinya untuk toko online produk kita sendiri.

*****

Semua pembahasan di atas merupakan kutipan dari Video Tutorial "Sukses Bisnis Online"