8 Ide Bisnis Online Terpopuler

Apa saja ide bisnis online paling populer saat ini? Ide bisnis online yang populer memang sangat menarik, terutama jika kita menginginkan penghasilan yang besar dari dunia internet. Berikut daftar ide bisnis online yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk kita :

Images from Startup Whale

Affiliate Marketing
Affiliate marketing/reseller adalah suatu usaha bisnis internet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet atau mempromosikan produk barang/jasa dari perusahaan orang lain di website kita, kemudian dari setiap penjualan kita akan memperoleh komisi. Besaran komisinya beragam, biasanya komisi bagi hasil : 50%-50% atau 30%-70%. Keterampilan utama yang dibutuhkan untuk bisnis online Affiliate Marketing adalah sales copywriting, web marketing, list building, dan PPC (Pay Per Click Marketing).

Blogging
Kita bisa menggunakan blog kita untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjual spot iklan (banner advertising/Adsense) dan memaksimalkan affiliate marketing. Kita harus memastikan bahwa blog kita menarik dan memiliki banyak pengunjung (traffic tinggi) setiap harinya agar perusahaan/brand tertarik untuk memasang iklan di blog kita. Akan lebih bagus jika blog kita memiliki audiences yang spesifik (niche).

E-commerce Store (Toko E-commerce)
Bisnis e-commerce adalah salah satu ide bisnis online yang sangat populer. Sebut saja Amazon, eBay, Alibaba, dan Tokopedia. Mereka adalah deretan website e-commerce yang berhasil dan sangat sukses. Kita bisa membuka toko e-commerce kecil-kecilan dengan mudah karena saat ini telah banyak penyedia (hosting) e-commerce untuk pemula yang sangat murah dan gampang dikelola. Kita bisa memanfaatkan Shopify. Shopify adalah salah satu penyedia toko e-commerce yang banyak penggunanya.

Jualan Online/Online Store
Jika kita memiliki produk offline, sebaiknya kita sudah mulai berpikir memasarkannya secara online. Tapi, jika kita tidak punya produk offline, kita bisa mencari rekanan yang memiliki usaha dan kita bisa memasarkan produknya secara online. Kita akan lihat hasil penjualan kita akan melejit. Jualan online bisa ditempuh dengan banyak cara. Memasarkan produk di situs marketplace, menggunakan blog, membuat fan page di Facebook, membuat akun toko di Twitter, Instagram, atau Pinterest, hingga memberdayakan blog seperti Tumblr untuk jualan. Keterampilan dasar yang harus Kita miliki agar bisa berjualan sendiri adalah copywriting, negotiation, internet marketing, social media marketing, dan SEO.

Dropshipper
Bisnis online ini banyak dijalankan oleh orang yang memiliki modal usaha sangat minim. Menjadi dropshipper bahkan membuat Kita hanya membutuhkan internet, gadget dan akun social media yang aktif. Pekerjaan dropshipper adalah menjadi reseller yang menjual barang dari supplier. Kita bahkan tidak harus memiliki produk tersebut untuk bisa menjualnya. Cukup dengan menampilkan katalog dari supplier dan kemas dalam beragam teknik promosi menarik agar dibeli konsumen. Kita bisa memasang harga jual sendiri sehingga pendapatan Kita dalam bisnis ini berasal dari laba/profit penjualan produk (harga jual dari Kita – harga supplier).

Coaching/Consulting/Mentor
Jika Kita memiliki keterampilan khusus yang bisa diajarkan kepada khalayak, maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Kita coba. Kita bisa membuat ebook, video tutorial, video training, dll. Saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan pelatihan. Kita bisa memberikan pengajaran melalui beragam media di internet, misalnya membuat tutorial di blog/website, membuat seminar online (web conference), dan mengadakan tes keterampilan. Pelatihan online yang sampai saat ini sangat tinggi peminatnya adalah sales marketing, business leadership, dan creative writing.

Jasa Membuat Website 
Keterampilan kita membuat website bisa jadi ladang kita mencari penghasilan diinternet. Semakin tinggi kebutuhan orang akan website, semakin terbuka lebar peluang kita. 

Join Di Freelance Marketplace
Memilik skill di bidang jasa digital seperti: desain grafis, fotografi, copywriting, animator, video maker, animator dan web design, bergabunglah di situs freelance marketplace. Ada banyak situs freelance marketplace yang bagus yang layak kita ikuti antara lain: fiverr, peopleperhour, freelancer, sribu, 99designs, shutterstock dan lain-lain. Mereka sangat kompeten dalam mempertemukan freelancer dengan client atau business owner yang memerlukan keterampilan apapun yang kita miliki.

Apapun ide bisnis online yang jadi pilihan kita lakukanlah dengan serius. Bekerja keraslah hasilnya akan setimpal dengan usaha kita. Terkadang orang hanya ingin hasil yang cepat dan mudah. Ingat, semua butuh proses. Keberhasilan kita merupakan rangkaian dari proses yang kita lalui.

*****

Semua pembahasan di atas merupakan kutipan dari Video Tutorial "Sukses Bisnis Online"