Keuntungan dan Kerugian Bisnis Online

Pernahkah kita terpikir mendapatkan penghasilan diluar gaji bulanan kita? Tentu sebagian besar dari kita pernah terpikir. Entah sampai mana pikiran kita berkelana, entah sejauh mana tindakan yang kita lakukan untuk mendapatkannya. Terlebih ketika kita melihat kebutuhan akan hidup ini semakin meningkat sementara gaji bulanan jalannya lambat sekali bahkan sering jalan ditempat. 

Kalau begitu pernah terpikir oleh kita mendapatkan penghasilan luar biasa dari internet? Kok luar biasa? Ya, karena yang kita lihat hampir semua yang sukses di internet penghasilannya luar biasa. Bahkan jauh melebihi yang namanya gaji bulanan. Kalau begitu, kita mulai berpikir sukses bisnis online dari internet? 

Oke, sebelum jauh melangkah kita bisa melihat terlebih dahulu keuntungan dan kerugian berbisnis online. 



Keuntungan Bisnis Online : 

1. Bisa di Jalankan Dimana Saja dan Kapan Saja 

Inilah enaknya bisnis online, bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet. Kita tidak butuh tempat khusus untuk menjalankannya, tidak ada batasan hari, semua kita yang menentukan sendiri kapan mau mengerjakannya. Memang sepertinya enak dan santai... ya memang, itu kalau kita sudah sukses. Tapi, untuk sampai kesana kita butuh kerja keras. Namanya juga bisnis, butuh kesungguhan, konsistensi dan fokus menjalankannya. 
2. Kita adalah Bos 

Kita adalah bos bagi diri kita sendiri. Kita bebas mengatur waktu dan bebas untuk bekerja. Kita sendiri yang menentukan kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk bersantai dan kapan waktu untuk cuti. Kita sendiri yang menentukan target yang kita buat. Kita sendiri yang menentukan strategi apa yang ingin kita kembangkan. 

3. Modal Awal Sesuai Kemampuan Kita 

Modal bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Kita bisa mulai dengan bisnis online yang bermodal kecil terlebih dahulu. Bahkan jika kita tidak memiliki produk, kita bisa membantu menjual produk orang lain. 

4. Bisa Sukses Apapun Latar Belakang Kita 

Apapun latar belakang kita, apapun profesi kita saat ini, kita bisa sukses di bisnis internet. Bahkan mereka yang awalnya sama sekali tidak mengerti dunia internet marketing pun bisa sukses. Yang paling penting adalah kemauan besar untuk belajar dan fokus menjalankannya. Mau kita tua atau muda, kita tetap bisa sukses menjalankan bisnis online. 

4. Penghasilan Yang Melimpah 

Inilah yang paling menggiurkan dari bisnis online, yaitu potensi penghasilan yang melimpah. Komisi yag kita dapatkan berbeda-beda tergantung metode apa yang kita terapkan. Komisi kecil jika potensi pasarnya global maka penghasilan kita akan melimpah. Misalnya saja jika kita menjalankan bisnis online dalam bidang affiliate lalu banyak yang membeli produk barang melalui website atau blog kita maka kita bisa mendapatkan komisi yang cukup besar di luar dugaan kita.

5. Bisnis tetap berjalan meskipun kita sedang tidur 

Bisnis online kita berjalan selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, dst. Iya, meskipun tengah malam kita sedang tidur, usaha bisnis online kita masih bisa dilihat orang lain. Tanpa kita harus stand by. Bahkan transaksi tengah malam pun bisa. Kita pun dapat melakukan settingan otomatis. Menyenangkan bukan? 

6. Mudah Mempromosikan Produk 

Dalam dunia bisnis online, mempromosikan produk itu mudah dibandingkan promosi secara offline. Bisa dengan iklan, media sosial, dll. Biaya jauh lebih hemat dan pangsa pasar jauh lebih luas. 



Kerugian Bisnis Online : 

1. Sangat bergantung pada internet 

Bisnis online sangat bergantung pada koneksi internet. Karena semua aktivitas dilakukan via internet. 

2. Pelanggaran hak cipta 

Ya, inilah kendala di dunia internet. Jika kita menjual produk digital seperti ebook, kadang kala ada saja orang-orang yang berbuat curang dengan menjual produk kita tanpa sepengetahuan kita. Atau menjualnya dengan harga murah. Untuk mengatasi ini kita bisa menerapkan sistem affiliate. Jadi biarkan orang menyebarkan link produk kita, nanti mereka mendapat komisi. Kita bisa cari tau seluk beluk sistem afiliasi di google.

3. Kepercayaan konsumen 

Barang yang kita jual tidak dilihat langsung oleh customer kita. Penjual dan pembeli harus saling percaya. Karena peluang untuk melakukan penipuan baik dari penjual dan pembeli sama-sama besar. Sangat penting untuk menjaga kepercayaan konsumen kita. 

4. Masalah pengiriman barang/produk 

Adanya tambahan biaya untuk ongkos kirim. Terkadang ada kendala barang yang dipesan telat datang/ masalah pengiriman. Kita harus lebih sabar menghadapi customer. Tapi jika, produk digital yang kita jual maka tidak perlu biaya kirim. Contoh produk / jasa digital adalah: ebook, video tutorial, jasa desain grafis, jasa penulisan, jasa web development, jasa SEO dan lain-lain.


Nah, semoga artikel diatas bisa menjadi motivasi kita untuk memulai bisnis online dan juga sebagai acuan antisipasi bagi kerugian-kerugian yang mungkin dihadapi saat menjalaninya. Selamat mencoba!

*****

Semua pembahasan di atas merupakan kutipan dari Video Tutorial "Sukses Bisnis Online"