10 Aturan Main Dalam Social Media Marketing

Ada 10 Aturan Main dalam marketing di media sosial yang perlu kita patuhi. 

10 Aturan Main ini membantu kita meningkatkan pengunjung dengan berbasis kepuasan pelanggan dan membantu mengembangkan brand kita. Berikut ini 10 Aturan Main tersebut : 

Image result for social media rules
Images from Google Search


1. Mendengarkan 

Sukses dengan media social marketing dari segi konten butuh lebih banyak mendengarkan dan jangang terlalu sering bicara promosi. Baca audiens yang menjadi target kita dan bergabung dalam diskusi untuk mempelajari hal apa yang penting bagi mereka. 


2. Fokus 

Fokuslah membangun brand yang kuat agar memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses. Ini lebih baik daripada mencoba terlalu banyak hal yang malah keluar dari jalur tujuan, bahkan tidak pernah sampai pada tujuan. Jika ingin mencoba focus lain, pastikan focus utama tercapai dulu. 


3. Kualitas 

Kualitas akan mengalahkan kuantitas. Lebih baik untuk memiliki 100 pengunjung secara online yang membaca konten kita, berbagi dan berbicara tentang konten kita dengan audiens mereka sendiri daripada 1000 pengunjung yang hilang begitu saja. 


4. Kesabaran 

Butuh kesabaran yang tinggi. Kesukesan di media sosial dan keberhasilan konten marketing tidak terjadi dalam sekejap, butuh kesabaran dan kerja keras. Kita harus berkomitmen untuk berhasil di media social. 


5. Senyawa 

Jika Kita memposting konten menakjubkan dan bekerja untuk membangun audiens kita yang setia maka bukan tidak mungkin mereka akan berbagi konten kita yang menarik dengan audiens mereka sendiri di Twitter, Facebook, bahkan di blog mereka sendiri. Berbagi dan mendiskusikan konten kita bisa menjadi entry point bagi kita untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih besar lagi. Maka bersenyawalah dengan audiens kita. Jangan sakiti mereka dengan SARA atau isu politik! 


6. Pengaruh 

Luangkan waktu mencari influencer secara online di pasar yang memiliki audiens berkualitas dan cenderung tertarik pada produk, layanan dan bisnis kita. Berusahalah terhubung dengan mereka dan berusaha untuk membangun hubungan baik dengan mereka. 


7. Nilai 

Kita tidk bisa langsung begitu saja mempromosikan produk yang kita jual atau terus menerus melakukan promosi. Pengunjung kita akan berhenti memfollow kita. Ada kalanya kita perlu memberikan konten yang menarik, yang bermanfaat dan yang memberi nilai bagi mereka. Dengan begitu, pada saatnya audiens akan menjadi pembaca setia, komentator setia, pemberi likes setia dan memviralkan marketing bisnis kita. 


8. Pengakuan 

Membangun hubungan adalah salah satu bagian yang paling penting dari keberhasilan marketing di media sosial, sehingga selalulah mengakui setiap orang yang menjangkau akun kita. Buatlah percakapan atau interaksi dengan mereka. Sebut nama mereka, ucapkan salam, ucapkan terimakasih pada tanggapan apapun yang mereka lontarkan. Secara tidak langsung maka kita seolah mengakui bahwa mereka adalah bagian penting dari kita. 


9. Aksesibilitas 

Jangan mempublikasikan konten dan kemudian menghilang. Konsistenlah memberikan konten apa saja. Dengan aktif maka pengunjung kita akan terus mengupdate info yang kita berikan. 


10. Timbal Balik 

Kita tidak bisa mengharapkan orang lain untuk berbagi konten kita dan berbicara tentang kita jika kita tidak melakukan hal yang sama untuk mereka. Jadi, sebagian dari waktu yang kita habiskan di media sosial harus difokuskan pada berbagi dan berbicara tentang konten yang diterbitkan oleh orang lain juga. Berikan komentar positif pada setiap postingan yang mereka berikan.

Demikianlah aturan main dalam social media marketing. Semoga bias jadi acuan kita bersama. Selamat Mencoba!

[ Dikutip dari "Video Tutorial: Social Media Marketing" yang bisa kita Akses / Klik Disini ]