Strategi SEO untuk Bisnis Online

Pengetahuan mengenai SEO adalah wajib bagi kita yang akan dan yang telah terjun di bisnis online. SEO merupakan cara untuk menarik pengunjung melalui mesin pencari/search engine, karena mayoritas pemakai internet mencari informasi di search engine. 

Dengan memahami cara kerja SEO, maka kita akan mudah mendatangkan traffic ke website kita dan ini sangat penting bagi bisnis online yang kita jalankan. Hampir 90% pengunjung website datangnya dari search engine, itulah mengapa internet marketer akan berlomba-lomba mengejar ranking dan tampil dihalaman pertama di search engine.

Image result for SEO
Images from Google Search

Berikut ini adalah strategi SEO untuk bisnis online :

1. Buat Konten Berkualitas
Buatlah konten yang berkualitas. Kita perlu pahami bagaimana mesin pencari/search engine bekerja. Pada dasarnya, search engine ingin menampilkan konten terbaik sesuai dengan yang dicari oleh pemakai. Selain itu, mesin pencari saat ini sudah semakin canggih. Mereka mampu memahami artikel dengan baik. Buatlah konten yang relevan dan menarik untuk dibaca.

2. Memahami keyword
Pilihlah keyword/kata kunci dengan baik. Lihat kata kunci yang kita targetkan apakah banyak pesaingnya? Pahami target pasar kita, cari tahu istilah apa yang sering mereka pakai, apa yang mereka cari. Kita mampu melihat peluang dari kata kunci yang belum banyak ditarget orang lain. Oleh sebab itu, pebisnis online yang menggunakan SEO harus memahami ‘kata kunci’ yang digunakan oleh pengunjung atau target market mereka.

3. Membangun backlink
Dalam SEO, salah satu faktor penting adalah membangun backlink. Backlink adalah link yang diberikan oleh pihak lain ke website kita. Jika link tersebut diklik maka pengunjung akan diantarkan ke website yang diberikan link tersebut. Backlink merupakan bukti bahwa pihak lain menganggap bahwa situs kita penting sehingga layak diberikan sebagai referensi. Search engine menangkap sinyal backlink tersebut dan menggunakan sebagai salah satu faktor penting dalam meranking hasil pencarian.

Namun, yang perlu dipahami dari awal bahwa yang penting bukan kuantitas tapi kualitas backlink kita. Cara mencari backlinks secara massal dengan menggunakan software otomatis sangatlah berbahaya. Walaupun mampu menaikkan rangking website yang dibacklink secara cepat di halaman pencarian, cara ini juga sangat rentan terdeteksi algoritma Google yang mampu berakibat fatal, yaitu penurunan rangking di search engine (biasanya hampir untuk semua keyword) sampai dengan penalty hingga deindex (jika spamming massal yang dilakukan cukup brutal). Banklink yang berkualitas adalah yang relevan, related dan high authority.

4. Mobile Friendly
Strategi ini sangat penting untuk SEO saat ini, karena google sendiri sudah menghimbau pada para webmaster untuk mengembangkan Responsive Web Design. Google mulai memberikan label “Mobile Friendly” dibawah judul laman pada halaman hasil pencarian (SERP) versi mobile. Ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada user bahwa blog/website tersebut sudah mendukung untuk mobile friendly.

5. Share Konten ke Media Sosial
Konten yang shareable atau yang dibagikan dan menyebar dimana-mana menunjukkan bahwa konten tersebut berkualitas, konten seperti ini akan mendapatkan backlink secara natural, dan akan menghasilkan peringkat yang lebih tinggi di search engine, serta meningkatkan kualitas dan popularitas.

6. Kecepatan Akses
Kecepatan akses halaman adalah salah satu faktor penentu dalam search engine. Selain responsive tentu harus fast load juga, ini sangat penting untuk strategi SEO. Jangan lupa untuk berkonsentrasi pada aspek kecepatan aksesnya.

Demikianlah sedikit bagian dari banyaknya strategi SEO yang bisa kita coba. Semoga bisa memotivasi dan menambah wawasan kita dalam berbisnis secara online. Selamat mencoba!
[Dikutip dari Video Tutorial "Sukses Bisnis Online" yang bisa Anda Akses (Klik) Disini]

Baca Juga: Promosi Massal Otomatis, Terjadwal dan Aman