Kesalahan Strategi Social Media Marketing Oleh Pemula

Kita yang berpikir menggunakan social media marketing untuk mengembangkan usaha kita? 
Tentu itu sangat baik, tapi alangkah baiknya jika kita tidak terjebak pada kesalahan-kesalahan penggunaan social media marketing. 

Kesalahan strategi ini sering dilakukan oleh para pemula. Apa saja kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan strategi social media marketing? 

Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi : 

Images from Google Search

1. Tidak konsisten 
Kesalahan yang pertama adalah tidak konsisten. Aktif memanfaatkan social media di awal saja dan kemudian jarang aktif lagi. 

2. Tanpa target yang jelas 
Sosial media merupakan sarana yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis kita. Untuk itu kita perlu tujuan dan target yang jelas dalam menerapkan strategi yang dipakai dalam social media. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak jelasnya target yang ingin dicapai. Misalnya : target follower/fans, reach, target sales, dll. Jika target yang ingin dicapai jelas maka akan lebih mudah bagi kita mengevaluasi strategi yang kita gunakan. 

3. Terlalu sering update status 
Kesalahan berikutnya adalah terlalu sering update status. Terutama status promosi/jualan produk. Follower/fans kita akan jengah dengan dijejali status yang bertubi-tubi. Alih-alih mendapatkan customer, malah akun kita akan ditinggalkan oleh mereka alias di unfollow atau di unlike. 

4. Komunikasi satu arah 
Sosial media pada dasarnya merupakan media interaksi. Seringkali terjadi komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Cobalah bangun percakapan dengan follower/fans kita. Atau kita bisa buat status yang meminta pendapat dari mereka. Kita akan temui pendapat yang beragam, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Sebenarnya kita bisa manfaatkan untuk meminta masukan dari follower/fans kita. 

5. Respon Lambat 
Kesalahan ini yang paling bikin kesal follower/fans kita. Terlebih jika kita mengacuhkan mereka. Respon lambat sangat tidak disukai oleh siapapun sekalipun produk kita bagus dan bermanfaat. Cobalah merespon pertanyaan dan keluhan secepat mungkin. 

6. Akun brand untuk hal personal 
Kesalahan berikutnya adalah menggunakan akun brand/merek untuk hal yang personal/pribadi. Cobalah buat akun yang berbeda. Jangan kita gunakan akun brand untuk hal-hal yang bersifat pribadi. Terlihat jelas kita kurang professional. 

7. Membeli follower 
Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan pemula adalah membeli follower atau menggunakan software yang bisa memperbesar follower/fans secara instan. Padahal belum tentu follower kita adalah follower asli, kemungkinan besar adalah follower palsu. Pemula biasanya ingin jaringannya cepat besar. Padahal akun media social juga butuh bertumbuh.

8. Tidak Fokus Menjalankan 
Jika kita berpikir memanfaatkan social media merupakan strategi yang efektif maka fokuslah menjalankannya. Jangan menerapkan strategi ini untuk sekedar sambilan saja. Bahkan jika perlu kita butuh orang atau tim untuk menghandle social media bisnis kita. 

9. Terlalu banyak Social Media 
Terlalu banyak social media yang kita gunakan, membuat kita tidak fokus menjalankannya. Mungkin kita mengerti menggunakan beberapa media social, tapi bukan berarti semuanya harus kita pakai. Pilihlah paling banyak dua media social saja bahkan cukup fokus di satu media social saja. Karena yang paling penting adalah bagaimana menjaga konsistensi dan eksistensi dari akun brand kita.

Demikianlah kesalahan-kesalahan yang sering kita hadapi dalam social media marketing yang perlu kita hindari. Semoga bisa menjadi pembelajaran dan evaluasi bersama.

[ Dikutip dari "Video Tutorial: Social Media Marketing" yang bisa kita Akses / Klik Disini ]

Baca Juga: Promosi Massal Otomatis, Terjadwal dan Aman