Strategi Marketing di Youtube

Pada artikel ini kita akan membahas tentang strategi marketing dengan menggunakan Youtube. Sebelum membahas strategi marketing youtube, saya ingin membuka wacana tentang cara menghasilkan uang dari youtube.

Jika kita ingin mendapatkan uang dari Youtube maka kita harus mengupload konten video yang unik dan menarik ke Youtube. 

Berikut ini yang perlu kita lakukan agar bisa menjadi mitra Youtube dan menghasilkan uang dari layanan mereka.

Berikut ini langkah-langkahnya: 

Images from Google Search

1. Membuat Akun YouTube 

Silahkan daftar email dari google (gmail). Jika kita sudah memiliki kita bisa login ke akun Google kita (gmail), setelah itu buka situs www.youtube.com. Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Kita. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube. Kita bisa gunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Kita atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti kita akan diarahkan ke halaman baru. 


2. Upload Video Secara Rutin 

Rajinlah mengupload video, kita perlu terus update video. Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru. 


3. Pastikan Video Kita Tidak Melanggar Hak Cipta 

Untukbisa menghasilkan uang dari Youtube, konten video kita haruslah original. Konten video ini harus milik Kita sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai backsound. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Kita, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Ingat, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel Youtube kita karena hal tersebut bisa membuat akun kita bermasalah di kemudian hari. Tentu kita tidak ingin kalau akun kita dibanned bukan? 


4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Kita 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah: 

§ Seringlah mengupload video yang bermanfaat, unik, menarik dan berkualitas baik. Sebaiknya video yang kita upload memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas tidak pecah-pecah. 

§ Fokus upload konten video yang sesuai dengan niche atau minat kita. Misalnya konsisten membuat video parodi. Jika kita konsisten maka subscriber kita akan bertambah banyak. Dengan begitu channel kita akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube. 


5. Perbanyak dan Kembangkan Audiens Video Kita 

Perbanyaklah viewer dan subscriber Channel kita. Ajak viewer kita untuk menjadi subscriber Channel YouTube kita. Promosikan video atau Channel YouTube Kita ke media sosial, seperti facebook, twitter,dll. Jika konten video kita benar-benar bagus, maka viewer dan subscriber tidak sungkan-sungkan men-share video kita diakun media sosial mereka. 


6. Mendaftar Ke Google Adsense 

Inilah bagian yang paling penting yaitu Google Adsense. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.Bila sebelumnya Kita sudah memiliki akun Google Adsense, maka Kita tidak perlu mendaftar lagi. Hubungkan akun Google Adsense kita ke akun Youtube kita, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun Youtube, maka kita tinggal menunggu penghasilan yang masuk dari video-video kita.

Selain Youtube Adsense ada banyak sekali alternatif cara menghasilkan uang dari youtube.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Melalui Youtube


Berikut ini strategi marketing youtube yang bisa kita terapkan : 


1. Memiliki nama channel yang berarti dengan kata kunci yang menjadi target kita. Gunakan kapitalisasi dalam nama channel sehingga jelas. Jika Kita memulai saluran YouTube tentang hijab, DailyHijabStyle adalah nama channel yang lebih baik daripada dailyhijabstyle23. 


2. Masukkan judul untuk channel tersebut. Secara default nama saluran juga merupakan judul dari channel tetapi kita dapat mengeditnya dalam pengaturan channel. 


3. Masukkan link ke website kita dalam channel. YouTube memungkinkan menambahkan lebih dari satu link di sidebar channel kita. 


4. Saat meng-upload video, masukkan tag dengan hati-hati. Masukkan kata kunci kompetisi rendah. Kata kunci ini dapat ditemukan diluar dari AdWords Keyword Tool. Kita juga dapat memasukkan tag dari video lainnya sehingga video kita akan muncul video yang terkait saat video tersebut ditonton. 


5. Jika Kita membuat infomovies (video dengan slide dan pengisi suara) menggunakan PowerPoint atau Keynote, pastikan bahwa kita memiliki latar belakang custom unik untuk slide kita. Background dapat berisi URL situs kita pada sudut kanan atas atau sudut kanan bawah. Dengan teknik ini kita bisa mendapatkan pengunjung bahkan jika video kita ditampilkan di situs lain terlebih saat deskripsi kita dan link di dalamnya tidak muncul. 


6. Jika Kita membuat video screencast, mencoba merekam layar pada 640 × 360 (16: 9) sehingga video tidak muncul dan kabur. Jika kita tidak dapat melakukannya di 360p, kita dapat membuatnya di 480p (854 × 480). Jangan meng-upload video screencast di 720p kecuali jika kita tidak memiliki pilihan lain.

Baca Juga: Contoh Video Screencast TANPA BICARA, TANPA KAMERA

7. Gunakan anotasi di video Kita. Kita dapat menghubungkannya untuk berlangganan halaman, halaman saluran, video YouTube lain atau hanya meminta pengunjung untuk mengunjungi URL kita untuk informasi lebih lanjut. Perhatikan bahwa kita hanya dapat menggunakan YouTube link internal di anotasi, menghubungkan eksternal tidak diperbolehkan. 


8. Memanfaatkan tren YouTube. Kita dapat membuat video untuk niche kita terkait dengan video tren dan bisa meningkatkan viewer pada video kita. Kunjungi YouTube-trends.Blogspot.com (blog resmi YouTube) untuk melihat video trending terbaru. 


9. Upload video berkualitas tinggi secara konsisten. 


10. Jangan terlalu agresif dengan pemasaran di YouTube. 


11. Jangan meng-upload video lebih dari 10 menit. rentang perhatian dari pengguna di YouTube sangat rendah. Dalam pengalaman saya 1-2 menit video paling baik untuk YouTube. Jika Kita memiliki sesuatu yang signifikan untuk disampaikan ada baiknya kita membagi video menjadi 2-5 bagian dan upload dengan kata kunci dengan judul yang unik. Dengan cara ini Kita akan mendapatkan lebih banyak pemirsa untuk video kita. 


12. Video kontroversial menarik banyak perhatian di YouTube. Namun pastikan untuk menyediakan beberapa konten berkualitas setelah kita menarik pemirsa menggunakan judul yang kontroversial. 


13. Luangkan waktu setiap hari untuk meninggalkan komentar berguna dalam video terkait. 


14. Setiap video yang kita upload memenuhi syarat untuk menjadi respon video ke beberapa video lainnya. Temukan beberapa video terkait di niche kita, kita bisa mengeposkan tanggapan video menggunakan salah satu video kita. 

15. Memiliki akun Google terpisah untuk channel YouTube kita sehingga bahkan jika akun kita akan dibanned, layanan lain tidak terpengaruh.

Demikian Strategi Marketing Youtube yang di kutip dari berbagai sumber terpercaya.
Semoga bermanfaat untuk kita semua!