Aneka Perangkat Tambahan Gratis yang Mempermudah Marketing

Saat ini hampir sebagian besar masyarakat memiliki akun media sosial. Baik itu facebook, twitter, instagram, path, dll. Jika hanya sekedar membuat akun tentu kita bisa. Salah satu hal yang penting di media social adalah bagaimana memanfaatkannya untuk marketing. 

Saat ini ada beberapa perangkat tambahan yang dilengkapi fitur-fitur yang berkualitas dan unik yang dapat kita gunakan untuk mempermudah marketing di media sosal, diantaranya : 

Images from Google Search


1. Instagram for Chrome 

Instagram for Chrome adalah perangkat tambahan yang mempermudah melakukan akses Instagram melalui desktop. Sehingga Instagram dapat diakses melalui laptop/komputer kita. Coba kita bayangkan kita menggunakan Instagram untuk marketing bisnis kita melalui smartphone saja, bisa-bisa sepanjang waktu kita tidak akan lepas dari memegang hp. Instagram for Chrome banyak fitur tambahannya, seperti : tombol zoom pada setiap foto, new search pada pencarian popular, tampilan foto lebih luas, akses profil kita & populer melalui menu dropdown baru di bagian atas, dll. 

2 Bit.ly 

Bit.ly adalah web penyedia utility gratis untuk memendekkan alamat URL yang panjang menjadi lebih pendek, untuk di share, dan tentunya mengembalikan ke alamat URL aslinya. Ada 3 manfaat penggunaan bit.ly: mempersingkat URL Link, Tracking URL record, menyembunyikan affiliate Link. Untuk alasan yang no 3 inilah mengapa blogger dan internet marketer banyak menggunakan bit.ly untuk mengarahkan ke affiliate link-nya. 

3. Evernote 

Evernote adalah cara mudah dan hebat untuk mencatat dan mengingat segala hal, mulai dari kenangan hidup dan informasi penting hingga pengingat sehari-hari dan daftar agenda. Sehingga akan mudah untuk mengambil, menelusuri, mencari dan mengedit catatan kita. Kelebihan Evernote adalah fitur “read it later” pada perangkat yang dapat membantu untuk menyimpan halaman menarik dengan mudah, agar dapat dibaca sewaktu-waktu. Aplikasi ini bekerja sangat baik dalam menyimpan semua hal yang kita sukai, mulai dari foto atau video di internet. Tentunya ini akan membuat kita semakin mudah dalam mengorganisir berbagai macam data untuk konten marketing kita. 

4. Giphy 

Giphy akan menjadi perangkat tambahan yang menjadi tren sejak tahun 2016. Giphy adalah aplikasi ekstensi perangkat unik yang menyediakan fitur berupa gambar-gambar berformat GIF yang interaktif dan lucu. Apalagi saat ini beberapa media sosial seperti Twitter, Google+ dan Tumblr sudah mendukung format file GIF. Tentu saja marketing kita akan lebih menarik dan interaktif dengan gambar dan video. 

Giphy mengeluarkan aplikasi terbarunya yang dinamakan Giphy Cam. Menggunakan Giphy Cam ini setiap orang dapat mengubah dirinya menjadi Gif animasi. Selain efek khusus, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk berbagi. Setelah kita merekam, kita bisa mengirimkannya melalui pesan teks, media sosial, bahkan menyalin dan menyimpannya ke gadget yang lain. Kita sudah tidak sabar menggunakan aplikasi ini bukan? Ya, silahkan membentuk brand dan membuat animasi yang mengandung pesan promosi. 

5. Buffer 

Berbagi tautan ke website lain biasa kita lakukan bukan? Tujuannya agar pengunjung website tersebut juga akan berkunjung ke website kita. Kita bisa manfaatkan perangkat buffer untuk mempermudah berbagi profil, highlight teks dan gambar pada halaman yang terhubung ke website tersebut. Fitur gratisnya memang dibatasi, tapi cukup bagus meski fitur berbayarnya memang lebih mantab. 

6. Awesome Screenshot 

Awesome Screenshot sangat cocok bagi kita yang gemar meng-capture sesuatu di internet. sebab fitur-fitur pada perangkat awesome screenshoot dapat membantu kita dalam meng-capture informasi, menangkap semua bagian di halaman website, pengelompokkan berdasarkan kategori yang tepat, menambahkan penjelasan, member komentar, mengaburkan informasi yang bermanfaat dan berbagi dengan satu klik upload.

Demikian tools tambahan yang bias kita manfaatkan secara gratis untuk mendukung kegiatan marketing. Mungkin di luar sana masih banyak yang perangkat marketing yang bisa kita jelajahi. Selamat mencoba!

[ Dikutip dari "Video Tutorial: Social Media Marketing" yang bisa kita Akses / Klik Disini ]