Strategi Membangun Sosial Media yang Benar

Media social menjadi salah satu sarana pemasaran yang baik, terutama 10 tahun terakhir. Untuk kedepannya media social dilirik sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun brand. Berikut cara yang benar mendapatkan manfaat dari segi marketing di media sosial : 

1. Mengerti dan mengukur tujuan kita 

2. Mengenal karakteristik pelanggan kita 

3. Perhatikan dan awasi saingan kita 

4. Pilih media yang tepat 

5. Membangun perencanaan konten 

Berikut Penjelasnya...

Images from Google Search


Mengetahui dan Mengukur Tujuan Kita 

Kita harus mengetahui tujuan marketing yang kita lakukan di media sosial. Apakah untuk sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk kita saja? Apakah untuk meningkatkan traffic ke website kita? Apakah untuk meningkatkan penjualan? Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan kita? Apapun tujuan kita, itulah yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan kita ambil. 

Ada beragam tujuan marketing di media social, dengan mengetahui tujuan dengan jelas maka kita akan dengan mudah menemukan strategi apa saja yang dapat kita terapkan. Tujuan yang hendak kita capai harus terukur gunanya agar mudah dilakukan analisa terhadap stategi yang kita ambil. Terukur dari segi waktu dan hasilnya, dengan begitu kita akan mengetahui pencapaian yang kita lakukan. 


Mengenal Karakteristik Pelanggan Kita 

Setelah mengetahui tujuan kita dengan jelas selanjutnya kita harus mengenal karakter pelanggan/audiens kita. Semakin spesifik karakter audiens kita maka akan semakin baik. Dengan demikian kita bisa menarget orang yang tepat. Buatlah rincian pelanggan kita dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu dan lainnya. 


Perhatikan dan Awasi Saingan Kita 

Saingan kita adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan kita. Dengan adanya persaingan kita menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan kita bisa belajar dari kesalahan saingan kita, kita bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, kita bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll. 


Pilih Media Kita 

Tidak semua media social sesuai untuk bisnis kita. Pilihlah media sosial yang tepat untuk mengembangkan bisnis kita. Kita juga harus dapat mengidentifikasi apakah media social tersebut dapat mencapai target audiens kita. Fokuslah pada 1 atau maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media social membuat kita kewalahan, lain halnya jika brand kita sudah sangat terkenal. 


Membangun Perencanaan Konten 

Dan terakhir yang perlu kita lakukan adalah mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten kita selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens kita.

Demikian sebagian kecil dari banyaknya strategi membangun sosial media, semoga bisa menjadi acuan kita bersama. Selamat mencoba! [ Dikutip dari "Video Tutorial: Social Media Marketing" yang bisa kita Akses / Klik Disini ]